Sosialisasikan Polmas, Masyarakat Diminta Aktif di Lingkungan

Sosialisasikan Polmas, Masyarakat Diminta Aktif di Lingkungan
Sosialisasi Polmas di aula kantor Walikota Pekanbaru

PEKANBARU - Bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas) Polresta Pekanbaru sosialisasikan Pemolisian Masyarakat (Polmas) di aula kantor Walikota Pekanbaru, Rabu (1/6/2016). 

Kasat Binmas Polresta Pekanbaru, Dedi Suryadi mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk memberitahukan kepada masyarakat tugas yang diemban oleh Babinkamtibmas. Kegiatan ini diikuti kurang lebih 350 peserta.

"Dengan acara ini kita harapkan masyarakat akan tahu apa sebenarnya tugas dari Babinkamtibmas," kata Kasat Binmas.

Selain itu, sosialisasi ini juga menyampaikan apa saja permasalahan yang dihadapi oleh babinkamtibmas selama menjalankan tugasnya. Sasarannya, masyarakat dapat bersinergi dengan kepolisian untuk menekan angka kejahatan.

"Harapan kita dengan mereka tahu apa tugas dan permasalahan yang dihadapi Babikamtibmas, masyarakat akan bisa ikut serta dan bahu membahu dalam membantu tugas dari Babinkamtibmas," jelasnya.

Dia mengakui, saat ini kejahatan di Pekanbaru memang semakin marak, terutama menjelang Ramadan. Untuk itu, dia meminta masyarakat bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri.

"Dengan menjadi polisi bagi dirinya sendiri secara otomatis dirinya akan mampu membentengi dirinya dari aksi kejahatan. Pembentengan diri ini contohnya tidak memakai perhiasan ketika keluar rumah, inikan sebagai bentuk penjagaan diri,"  jelasnya. 

Selain itu, dia juha mengibau masyarakat untuk kembali mengaktifkan Sistim Keamanan Lingkungan (Siskamling). Siskamling ini diaktifkan sebagai upaya pencegahan secara dini kejahatan di masyarakat.

"Kalau ada yang jaga, tentu penjahat akan berpikir seribu kali untuk membobol rumah. Selain itu, dengan diaktifkannya siskamling jika ada musibah seperti kebakaran akan bisa langsung diketahui secara dini. Karena kalau tidur semua, tentu jika ada kebakaran gak ada yang tau, itu salah satu fungsi Siskamling," paparnya.

Acara itu juga dihadiri seluruh Camat, Lurah, RT/RW, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, ketua FKPM, forum komunisai RT/ RW, Babinkamtibmas, Kanit Binmas, Kapolsek, jajaran Polresta Pekanbaru serta jajaran Pemerintah Kota Pekanbaru. (yod)


Berita Lainnya

Index
Galeri