8 Jenis Ruam Merah di Kulit Dewasa dan Anak-Anak serta Bentuknya

8 Jenis Ruam Merah di Kulit Dewasa dan Anak-Anak serta Bentuknya

Ruam adalah perubahan kulit yang menyebabkan ruam atau bercak merah. Ruam kulit biasanya gatal, nyeri saat disentuh, atau memiliki sensasi terbakar. Jenis ruam juga tergantung pada penyebab, gejala, dan karakteristik ruam. Oleh karena itu, sebelum mengobati ruam, Anda harus terlebih dahulu mengidentifikasi jenis ruam yang Anda derita.

Ada banyak variasi ruam pada kulit yang sering terjadi, baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Di sini kita akan melihat daftar ruam kulit yang telah kami rangkum dari Indozone.

Jenis jenis ruam kulit

1. Kurap


kurap (emedihealth.com)

Kurap adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur, sehingga ditularkan melalui kontak kulit ke kulit. Kebanyakan kurap menyebabkan ruam, terutama pada kulit, kulit kepala, kuku, dan selangkangan. Namun, ruam kurap memiliki bentuk yang unik karena menyerupai cincin dengan tepi tebal dan bagian tengah bersisik.

2. Cacar air


cacar air (verywellhealth.com)

Ruam kulit yang disebabkan oleh cacar air, umumnya menyerupai lepuh atau lentil. Ruam cacar air akhirnya terisi cairan dan sangat gatal. Tidak seperti bentuk ruam lainnya, cacar air pertama kali muncul di dada, wajah, dan leher, kemudian menyebar ke seluruh tubuh.

3. Campak


Campak (edition.cnn.com)

Campak menyebabkan gejala seperti demam, pilek, dan mata merah, diikuti dengan ruam. Ruam kulit yang disebabkan oleh campak yang terlihat seperti bintik-bintik merah kecil. Seiring waktu, ruam menyatu untuk membentuk satu ruam besar yang menyebar ke seluruh tubuh.

4. Herpes zoster


Herpes zoster (gooddoctor.co.id)

Herpes zoster, sering disebut cacar ular atau cacar api, juga menimbulkan gejala berupa ruam pada kulit. Ruam terlihat seperti benjolan merah berisi cairan yang terasa gatal, perih, dan nyeri. Seiring waktu, ruam herpes zoster berkembang menjadi lentil yang mudah pecah dan berkeropeng.

5. Herpes genital


Herpes genital (healthline.com)

Sesuai namanya, herpes genital atau herpes simplex merupakan penyakit Kulit yang menyerang area genital (kelamin). Oleh karena itu, penyakit menular seksual ini ditularkan melalui hubungan seksual, baik melalui vagina (vaginal), oral (mulut), maupun rektum (anus). Bentuk ruam mirip dengan herpes zoster, tetapi hanya terjadi di selangkangan.

6. Dermatitis kontak


Dermatitis kontak (vinmec.com)

Dermatitis kontak adalah jenis ruam yang berkembang dikarenakan bersentuhan atau menyentuh zat tertentu. Zat-zat tersebut umumnya mengandung bahan-bahan yang dapat mengiritasi kulit atau menimbulkan reaksi alergi. Beberapa di antaranya adalah kosmetik, parfum, perhiasan, debu, dan polusi. karakteristik dermatitis kontak kasar dan gatal saat disentuh. Bahkan, bisa membengkak dan mengeluarkan nanah.

7. Ruam popok


Ruam kulit bayi disebabkan pemakaian popok (pampers.com)

Tidak seperti ruam pada orang dewasa, ruam pada bayi sering disebabkan oleh penggunaan popok dalam waktu lama. Gejala terjadi saat kulit di sekitar paha, bokong, dan selangkangan terasa merah dan panas saat disentuh. Ruam popok bisa disertai dengan kulit merah bersisik yang mengelupas dan berubah menjadi benjolan berisi nanah.

8. Flu Singapura


Ruam Flu Singapura (herminahospitals.com)

Ruam merah pada kulit Anda dapat menunjukkan bahwa Anda telah terinfeksi virus flu Singapura atau penyakit tangan, kaki, dan mulut. Ruam muncul di telapak tangan dan telapak kaki dan menyebabkan sariawan. Biasanya, ruam disertai dengan lepuh berisi cairan. 

Demikian penjelasan mengenai jenis-jenis ruam kulit lengkap dengan gejala dan gambarnya. Segera konsultasikan ke bagian medis terdekat jika ruam semakin parah.***


Berita Lainnya

Index
Galeri