Bayi Lahir di RS Mitra Pemko Pekanbaru Dapat Akte Kelahiran Gratis

Bayi Lahir di RS Mitra Pemko Pekanbaru Dapat Akte Kelahiran Gratis
Ilustrasi.
PEKANBARU - Saat ini, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, memprogramkan Akte kelahiran gratis, setiap bayi yang lahir di Rumah sakit mitra Pemko. Secara otomatis dokumen yang didapatnya, termasuk akte kelahiran yang diterbitkan akan gratis. 
 
"Untuk program ini kita bekerja sama dengan sejumlah rumah sakit, di antaranya rumah sakit Andini dan Petala Bumi. Kerjasama ini diperkuat dengan naskah perjanjian yang sudah ditandatangani kedua belah pihak beberapa waktu lalu," sebut Kepala Dinas dan Pendudukan Catatan Sipil, Baharuddin kepada wartawan, Selasa (25/5) di Pekanbaru. 
 
Baharuddin melanjutkan, program ini sudah berlangsung sejak 2015 lalu dengan respon masyarakat yang sangat positif. Untuk Kedepan, kerjasama serupa akan berlanjut ke rumah sakit lainnya. Ini adalah program Walikota yang dijalankan dengan melibatkan rumah sakit. 
 
"Lewat program ini maka para orangtua yang melahirkan di rumah-rumah sakit yang dimaksud, tidak perlu repot-repot lagi harus mengurus akte kelahiran anaknya. Jadi begitu keluar dari rumah sakit, akte kelahirannya sudah langsung siap, karena sudah langsung diurus oleh pihak rumah sakit," ujarnya. 
 
Sudah ratusan akte yang diterbitkan, lanjut Burhanuddin, kedepan akan terus kita evaluasi dan perkuat, karena program ini langsung menyentuh masyarakat dan sangat membantu sekali. (max/mcr)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri