LPPPM UNIKS Selenggarakan Bimtek MBKM, Usung Tema : Kupas Tuntas Kurikulum MBKM Menuju Kampus Unggul

LPPPM UNIKS Selenggarakan Bimtek MBKM, Usung Tema : Kupas Tuntas Kurikulum MBKM Menuju Kampus Unggul

Kuansing- Sebagai upaya untuk mewujudkan Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS) menuju unggul, Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu Universitas Islam Kuantan Singingi (LPPPM UNIKS) yang di Ketuai oleh Dwi Putri Musdansi, S.Pd., M.Pd dan Sekretaris Imelda Siska, S.Pt., MP beserta jajaran menyelenggarakan bimbingan teknis merdeka belajar kampus merdeka (BIMTEK MBKM) tahun 2022 dengan tema : Kupas Tuntas Kurikulum MBKM Menuju Kampus Unggul. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari Selasa dan Rabu (7-8/06/2022) bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) UNIKS yang dihadiri oleh segenap pimpinan dan seluruh unsur struktural serta dosen UNIKS.

Kegiatan ini akan mengupas dan membahas secara detail terkait penyusunan kurikulum MBKM serta penerapannya secara teknis di UNIKS, yang menjadi program Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. 

LPPM UNIKS pada BIMTEK MBKM ini mengahdirkan narasumber yang berkompeten dibidangnya yakni, Dr. Rusfidra, S.Pt., MP selaku Wakil Dekan I Fakultas Peternakan Universitas Andalas (UNAND).

M. Irwan, SE., MM selaku Wakil Rektor I pada acara pembukaan BIMTEK MBKM menyampaikan, UNIKS sudah empat tahun belum pernah merevisi kurikulum dan masih memakai kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). 

"Sudah empat tahun UNIKS belum ada merevisi kurikulum, UNIKS masih memakai kurikulum KKNI. BIMTEK MBKM ini, merupakan langkah awal untuk kita (UNIKS) merevisi kurikulum ke MBKM", tuturnya. 

M. Irwan, SE., MM juga mengutarakan UNIKS tahun 2013 menerapkan kurikulum berbasis kompetensi dan tahun 2014 UNIKS memakai kurikulum KKNI sampai sekarang. 

"Tahun 2013 UNIKS memakai kurikulum berbasis kompetensi, tahun 2014 UNIKS memakai kurikulum KKNI sampai sekarang dan ditahun 2022 ini kita akan merevisi kurikulum ke MBKM yang akan kita targetkan diterapkan pada semester ganjil nantinya", tambahnya. 

Dr. Rusfidra, S.Pt., MP selaku narasumber kegiatan BIMTEK MBKM menyampaikan ucapan terimakasih kepada Rektor UNIKS Dr. H. Nopriadi, S.K.M., M.Kes yang sudah mengundang untuk hadir di UNIKS sebagai kampus kebanggaan masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi. 

"Terima kasih Pak Rektor sudah mengundang saya. Pak Rektor UNIKS ini, kolega kami di UNAND selama sebelas tahun. Semoga sehat, kuat dalam memimpin UNIKS", ucapnya. 

"UNAND sudah memulai kurikulum MBKM ketika Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi meluncurkan tahun 2020, kami langsung membuat regulasi tingkat universitas. Di Fakultas Pertanian UNAND, tahun 2012 kami melakukan pertukaran pelajar dengan ITB dan tahun 2014 dengan UGM. Manfaatnya spektrum pergaulan mahasiswa menjadi luas dan berskala nasional", jelasnya. 

Selain itu Dr. Rusfidra, S.Pt., MP juga menawarkan kerjasama dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

Dr. H. Nopriadi, S.K.M., M.Kes Rektor UNIKS menyapa narasumber Dr. Rusfidra, S.Pt., MP yang merupakan teman lamanya di UNAND dengan berpantun :

"Banyak anak bersuka ria
Bermain tama mengelilingi
Selamat datang Dr. Rusfidra 
Di Universitas Islam Kuantan Singingi".

"Program MBKM diharapkan dapat menjawab tantangan perguruan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang sesuai perkembangan zaman, kemajuan IPTEK, tuntutan dunia usaha dan dunia industri, maupun dinamika masyarakat", sampainya. 

"Dengan adanya BIMTEK MBKM yang diselenggarakan oleh LPPPM UNIKS ini akan dapat menarik benang merah serta menjadi pencerahan dan menambah khazanah kita dalam menyusun kurikulum MBKM demi terwujudnya UNIKS yang UNGGUL", sambungnya. 

"Kepada narasumber Dr. Rusfidra, S.Pt., MP, kami sangat mengharapkan ilmu dan pengalamannya di UNAND, karena UNAND ini universitas terbaik rangking sebelas di nasional. Ceritakan detailnya penerapan kurikulum MBKM, serta curahkan semua ilmunya, sehingga selepas BIMTEK MBKM ini, UNIKS lebih mantap dalam menerapkan kurikulum MBKM", tambahnya. 

Selanjutnya Dr. H. Nopriadi, S.K.M., M.Kes menutup sambutannya dengan sebait pantun :

"Pergi ke Baserah lewat jalan lurus
Di tepi jalan banyak umbul-umbul
Ikutilah BIMTEK MBKM ini dengan serius
Semoga UNIKS menjadi UNGGUL".


Berita Lainnya

Index
Galeri