BPS Kabupaten Kuantan Singingi Gelar Pelatihan Long Form SP2020 di Pekanbaru

BPS Kabupaten Kuantan Singingi Gelar Pelatihan Long Form SP2020 di Pekanbaru

Pekanbaru- Badan Pusat Statistik Kabupaten Kuantan Singingi melaksanakan pelatihan Long Form SP2020.

Sebanyak 134 orang melaksanakan pelatihan Long Form SP2020 di Hotel Fox Harris Pekanbaru, Selasa (10/05/2022).

Pelatihan Long Form SP2020 dilaksanakan selama 4 hari efektif dimulai dari tanggal 9-14 Mei 2022. Sementara kegiatan lapangan di mulai dengan pemutakhiran rumah tangga yang akan dilaksanakan pada tanggal 15-31 Mei 2022. Dilanjutkan dengan pencacahan sampel rumah tangga, pada tanggal 1-30 Juni 2022.

Selama pelaksanaan pelatihan diselenggarakan dengan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) secara ketat.

Pelatihan Long Form SP2020 dibuka langsung oleh Kepala BPS Provinsi Provinsi Riau yang diwakili oleh Kabag Umum BPS Provinsi Provinsi Ajid Hajiji.

Turut hadir dalam acara pembukaan Pelatihan Long Form SP2020 Kepala BPS Kabupaten Kuantan Singingi Ir Budianto, Kabag, dan sejumlah pejabat teras BPS Kabupaten Kuantan Singingi.

Kepala BPS Kabupaten Kuantan Singingi Ir. Budianto dalam sambutannya menyampaikan Pendataan Long Form SP2020 dilakukan untuk mendapatkan parameter demografi yang akurat dimana pendataannya dilaksanakan dengan mengumpulkan data-data yang lebih lengkap tidak hanya terkait parameter demografi, tetapi juga terkait pendidikan, disabilitas, ketenagakerjaan maupun perumahan.

Untuk itu Kepala BPS Kabupaten Kuantan Singingi Ir. Budianto berharap didalam menjalankan tugas Long Form SP2020 di lakukan dengan baik dan benar sehingga mendapatkan hasil yang maksimal, harap Budianto.

Sementara itu Kepala BPS Provinsi Riau yang diwakili oleh Kabag Umum BPS Provinsi Ajid Hajiji dalam arahannya menyampaikan menyampaikan agar para peserta mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan disiplin baik tepat waktu saat materi di sampaikan oleh instruktur dan jangan lupa selalu menjaga kesehatan sampai selesai kegiatan pelatihan dan pelaksanaan kegiatan lapangan Long Form SP2020.

Lanjut Ajid Hajiji Kabag Umum BPS Provinsi Riau juga menambahkan kegiatan ini adalah merupakan lanjutan Sensus Penduduk Tahun 2020.

Kegiatan Pendataan Long Form Sensus Penduduk 2020 merupakan tahapan lanjutan dari kegiatan SP2020 tahun lalu. Kegiatan ini bertujuan mengumpulkan data-data terkait kependudukan.

"Tujuan Pendataan Long Form adalah memperkirakan jumlah, distribusi dan komposisi penduduk, memperoleh data untuk penghitungan parameter demografi (kelahiran, kematian, migrasi), sumber data dari indikator angka kematian ibu, memperbarui data yang akan digunakan dalam penghitungan proyeksi penduduk,"pungkas Ajid Hajiji.


Berita Lainnya

Index
Galeri