KPU Kuansing dan SMAN 1 Teluk Kuantan Selenggarakan Fasdiklih Data Pemilih Berkelanjutan

KPU Kuansing dan SMAN 1 Teluk Kuantan Selenggarakan Fasdiklih Data Pemilih Berkelanjutan

Kuansing- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuantan Singingi, bekerja sama dengan SMA Negeri 1 Teluk Kuantan menyelenggarakan Kegiatan Fasilitasi Pendidikan Pemilih Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Segmen Pemilih Pemula (Fasdiklih Pemutakhiran DPB Segmen Pemilih Pemula), Selasa pagi (21/12/2021) di SMA Negeri 1 Teluk Kuantan.

Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang siswa dan siswi yang merupakan Pengurus OSIS. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Sekolah dan Wakil Kepala SMA Negeri 1 Teluk Kuantan Safrianto Eldi, S.Pd.I.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Teluk Kuantan membuka acara dan sekaligus memberikan arahan dalam kegiatan tersebut. 

Dalam arahannya, Beliau meminta agar seluruh peserta serius dalam mengikuti seluruh rangkaian acara agar program DPB Pemilih Pemula di SMA Negeri 1 Teluk Kuantan ini dapat berjalan dengan baik.  

Komisioner KPU Kabupaten Kuantan Singingi Wigati Iswandhiari,ST.,MM dan Yeni Gusneli, S.Pd memberikan penjelasan kepada peserta mengenai arti pentingnya Demokrasi, Pemilu dan Pemilihan serta urgensi   Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan dalam menyongsong Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024 mendatang. 

Yeni Gusneli, selaku komisioner Divisi Perencanaan Data dan Informasi menyampaikan bahwa program pemutakhiran DPB ini merupakan tugas dan tanggung jawab KPU Kabupaten sesuai dengan amanat Peraturan KPU No 6 Tahun 2021. 

Sedangkan Wigati, Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM KPU Kabupaten Kuantan Singingi menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memetakan dan menginventaris pemilih pemula yang telah berusia 17 tahun setelah Pemilihan 2020 yang lalu namun belum terdaftar dalam DPT atau belum melaporkan diri untuk dimutakhirkan datanya.

Selain itu juga untuk menjaring siswa/i yang akan 17 tahun sepanjang tahun 2022. Data siswa ini akan diinput sebagai data pemilih baru rekapitulasi Pemutakhiran  DPB oleh KPU Kabupaten Kuanta Singingi setiap bulannya sepanjang tahun 2022, kata Wigati.

"Pemutakhiran DPB ini juga mendata, memutakhirkan pemilih yang telah meninggal dunia, pemilih pindah domisili, baik keluar maupun yang masuk ke Kabupaten Kuantan Singingi, juga pemilih yang mengalami perubahan elemen data kependudukannya," cetus Wigati. 

Output kegiatan ini diharapkan menghasilkan beberapa hal, yaitu pemetaan dan inventaris data pemilih pemula yang telah berusia 17 dan akan berusia 17 tahun di sepanjang tahun 2022 SMA Negeri 1 Teluk Kuantan dapat menjadi pioner database Segmen Pemilih Pemula dan juga nantinya dapat diwujudkan Pojok Literasi Pemilu di SMAN 1 Teluk Kuantan dalam rangka menyongsong Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024, Pungkasnya.


Berita Lainnya

Index
Galeri