Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kuansing Serahkan 2 Unit Perahu Motor kepada Kelompok Pokmaswas

Senin, 15 November 2021 | 10:54:50 WIB
Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kuansing Serahkan 2 Unit Perahu Motor kepada Kelompok Pokmaswas
Ket Foto :

KUANSING - Pemerintahan Daerah (Pemda) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) melalui Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan menyerahkan bantuan perahu motor Tahun Anggaran 2021 sebanyak 2 unit kepada Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Ir. Zapnil Helmi, M.Si melalui Kabid Perikanan Perairan Umum Daratan (PPUD) Jon Hendri, SP kepada Riaurealita.com, Senin pagi (15/11/2021) di ruang kerjanya.

"Kita telah menyerahkan sebanyak 2 unit perahu motor kepada masyarakat pengawas (Pokmaswas) di Dua Kecamatan di Kabupaten Kuantan Singingi yang bersumber dari APBD Kabupaten Kuansing Tahun Anggaran 2021," kata Jon Hendri.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Ir. Zapnil Helmi, M.Si

Adapun kedua Pokmaswas tersebut, lanjut Jon Hendri, adalah Pokmaswas Tepian Timbang Bunga Pengantin Desa Sungai Sorik Kecamatan Kuantan Hilir Seberang, kemudian Pokmaswas kedua Danau Batuah Desa Bukit Pedusunan Kecamatan Kuantan Mudik.

Kemudian, Jon Hendri menyebutkan Pokmaswas ini adalah kelompok swadaya masyarakat yang dibentuk atas partisipasi masyarakat untuk untuk melakukan pengawasan, pemantauan serta menjaga aktivitas penangkapan ikan di perairan umum, serta menjaga lingkungan perairan umum dari aktivitas manusia yang dapat merusak lingkungan perairan.

Lebih lanjut, dikatakan Jon Hendri, tujuan diberikan bantuan perahu motor ini agar lebih memudahkan, lebih cepat, dan efisien bagi kelompok dalam melakukan aktivitas pengawasan, pemantauan terhadap aktivitas penangkapan ikan dan kegiatan yang dapat merusak lingkungan perairan.

Sementara itu, Sariyono Ketua Kelompok Pokmaswas Tepian Timbang Bungo Pengantin Desa Sungai Sorik Kecamatan Kuantan Hilir Seberang mengucapkan terima kasih kepada Pemda Kuantan Singingi dalam hal ini Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan.

"Terima kasih kepada Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kuantan Singingi yang telah merealisasikan proposal kami. Alhamdulillah kami dari Kelompok Pokmaswas Tepian Timbang Bungo Pengantin Desa Sungai Sorik telah mendapatkan 1 unit Perahu Motor," tutur Sariyono. (Adv/Ales)