Mengejutkan! Mitsubishi Palsukan Konsumsi Bahan Bakar Selama 25 Tahun

Mengejutkan! Mitsubishi Palsukan Konsumsi Bahan Bakar Selama 25 Tahun
Mitsubishi Motors secara mengejutkan mengaku telah memalsukan uji coba efisiensi bahan bakar selama
JAKARTA - Perusahaan otomotif Mitsubishi Motors secara mengejutkan mengaku telah memalsukan uji coba efisiensi bahan bakar selama 25 tahun terakhir.
 
Mitsubishi yang berasal dari Jepang ini mengaku pada pekan lalu bahwa perusahaan telah menggunakan uji coba bahan bakar tidak layak pada ratusan ribu kendaraan, termasuk sejumlah produk yang dijual ke Nissan.
 
Melansir CNN Indonesia, mobil-mobilnya dengan penilaian efisiensi bahan bakar tinggi hanya dijual di Jepang. Mitsubishi mengatakan bakal meminta pengacara dari luar perusahaan untuk melakukan investigasi uji coba tersebut.
 
Menanggapi laporan itu, otoritas Jepang telah menggerebek kantor Mitsubishi pekan lalu.
 
Menurut salah satu sumber terdekat, Mitsubishi tidak akan memasukan prediksi penghasilan perusahaan ketika mereka mengumumkan hasil investigasi karena ketidakjelasan dampak dari skandal ini.
 
Yang jelas, setelah mengaku telah memalsukan tes efisiensi bahan bakar selama seperempat abad, saham Mitsubishi turun sebanyak 10 persen, serta skandal ini juga telah mengurangi setengah pangsa pasar perusahaan.
 
Sebelumnya, Volkswagen pada tahun lalu juga mengaku telah curang saat melakukan uji coba emisi mesin diesel di Amerika dan Eropa. 
 
Produsen otomotif lainnya pun telah dijatuhi hukuman, seperti Hyundai dan Kia yang berasal dari Korea Selatan, mereka menyetujui membayar denda sebesar US$100 juta atau setara Rp1,3 triliun pada 2014 karena telah melebih-lebihkan estimasi bahan bakar ekonomis untuk sejumlah kendaraan mereka.
 
Hyundai dan Kia pun diwajibkan mengembalikan uang (refund) kepada para pelanggan untuk perbedaan pada biaya estimasi bahan bakar.
 
Di tahun yang sama, Ford juga mengatakan akan memberi kompensasi para pengguna mobil keluarannya sebanyak 200 ribu unit di Amerika Serikat setelah mengaku telah membesar-besarkan jarak tempuh gas mobil. (max/cnn)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri