Gajang Serong Arak Kedatangan Bupati Yopi di MTQ Kecamatan Rakit Kulim

Gajang Serong Arak Kedatangan Bupati Yopi di MTQ Kecamatan Rakit Kulim
Kedatangan Bupati Inhu H Yopi Arianto pada pembukaan MTQ tingkat Kecamatan Rakit Kulim, Selasa (26/4
RENGAT - Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan Rakit Kulim, Selasa (26/4/2016) malam berlangsung meriah. Ribuan warga tumpah ruah pada gelaran MTQ ke 5 yang dipusatkan di Desa Sungai Limau. Bahkan, kedatangan Bupati Inhu H Yopi Arianto disambut antusias warga dan diarak menggunakan kendaraan tardisional Gajang Serong. 
 
Gajang serong merupakan sebuah sampan tradisional yang yang dahulunya menjadi alat transportasi masyarakat Suku Talang Mamak. “Keragaman etnis dan agama tidak menjadi halangan bagi warga untuk ikut serta mensukseskan pelaksanaan MTQ yang dijadwalkan berlangsung hingga Kamis (28/4/2016) mendatang,” jelas Kepala Desa Sungai Limau, Muhammad Inci.
 
Menurut Kades, ia bersama panitia mempersiapkan pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Rakit Kulim ini selama lebih kurang dua pekan. “Namun dengan kehadiran Bapak Bupati, rasa capek dan lelah kami hilang dan terbayarkan malam ini,” ucapnya.
 
Karena itu, ia berharap kedepannya Pemerintah Kabupaten Inhu dapat memberikan perhatian guna peningkatan pembangunan di Desa Sungai Limau, khususnya pengadaan jaringan listrik. 
 
Camat Rakit Kulim Nursisman menyampaikan bahwa gelaran MTQ ini bukan hanya menjadi ajang pencarian Qori dan Qoriah terbaik, namun juga merupakan salah satu sarana untuk menampilkan berbagai kebudayaan desa yang ada di Kecamatan Rakit Kulim.
 
Beragam budaya tradisional baik tarian, pencak silat dan lagu khas Suku Talang Mamak juga ditampilkan pada pembukaan MTQ tersebut. Total, sebanyak 315 peserta dari 19 desa ikut ambil bagian pada gelaran MTQ yang dipusatkan di areal PT Pertamina.
 
Sementara itu, Bupati Yopi juga memberikan apresiasi atas sambutan warga pada pembukaan MTQ tersebut. Ia mengusulkan agar berbagai budaya tradisional yang telah ditampilkan nantinya dapat diikut sertakan pada Festival Budaya tingkat Kabupaten Inhu beberapa bulan kedepan.
 
Terkait pembangunan, Bupati Yopi juga menjelaskan bahwa di tahun 2016 ini Pemerintah Kabupaten Inhu akan memprioritaskan peningkatan pembangunan di Kecamatan Rakit Kulim termasuk Desa Sungai Limau. Untuk itu, ia mengharapkan semangat warga masyarakat untuk terus mendukung berbagai program pemerintah.
 
Pembukaan MTQ tingkat Kecamatan Rakit Kulim malam tadi, turut dihadiri sejumlah Kepala Dinas, Kepala Kantor, Danramil, Tokoh agama, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya. (max)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri