Firdaus Klaim Layanan Bus TMP Terbaik se-Indonesia

Firdaus Klaim Layanan Bus TMP Terbaik se-Indonesia
Bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) diklaim terbaik se-Indonesia.
PEKANBARU - Sebagai salah transportasi massal andalan warga Pekanbaru, tentunya kehadiran bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) diharapkan bisa mengatasi permasalahan kemacetan di Pekanbaru.
 
Meski keberadaan bus tersebut dinilai masyarakat cukup membantu untuk transportasi, tapi nyatanya bus-bus tersebut ternyata sudah banyak yang tidak terawat. Meskipun demikian, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mengklaim bahwa pengoperasian bus TMP terbaik se-Indonesia. 
 
"Untuk penilaian saya sendiri terhadap TMP, bagus kok," kata Walikota Pekanbaru Firdaus MT seperti dilansir Riauterkini.com. Sementara berdasarkan evaluasi yang dilakukan di Surabaya beberapa waktu lalu, kata politisi Demokrat tersebut, pengoperasian bus TMP milik Kota Pekanbaru terbagus se-Indonesia. 
 
"Bus TMP Pekanbaru terbaik se-Indonesia. Dibanding Jakarta, Pekanbaru masih lebih baik. Di Jakarta karena banyak saja," ujar Firdaus. 
 
Sebagaimana diketahui, Pemko Pekanbaru mendapatkan bus besar yang merupakan bus hibah dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Bus tersebut diserahkan kepada Pemko Pekanbaru sebanyak 20 unit.
 
Namun, bus 20 unit tersebut mengalami kerusakan. Bahkan, untuk memperbaiki bus tersebut, Pemko Pekanbaru menganggarkan Rp 1,3 miliar. Namun, saat ini hanya sembilan unit saja yang diperbaiki. 
 
Meskipun kesembilan bus tersebut telah diperbaiki, nyatanya bus tersebut masih terparkir di Terminal Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS) dan belum bisa digunakan. Penggunaan bus tersebut menunggu Peraturan Wali Kota (Perwako).
 
Menurut keterangan Wisnu Haryanto selaku Kepala UPT Pengawasan Angkutan Perkotaan (PAP) Dishub Kota Pekanbaru, pihaknya menargetkan pada bulan depan akan segera mengoperasikan bus tersebut termasuk dengan 75 THL yang dipekerjakan. 
 
Kemudian bus TMP yang saat ini masih beroperasi dinilai masyarakat juga tidak layak. Hal ini dikarenakan halte bus TMP sudah banyak yang rusak. Selain itu untuk bus sendiri juga sudah banyak yang keropos, body lecet, lampu mobil yang tidak hidup sampai pintu bus yang tidak tertutup.
 
Atas hal tersebut, Pemko Pekanbaru pun mengakui bahwa pelayanan TMP di Pekanbaru sendiri belum maksimal. "Intinya Pemko akan selalu berupaya meningkatkan pelayanan untuk angkutan masal. Kami sangat menyadari pelayanan yang diberikan hari ini masih jauh dari harapan untuk menyediakan angkutan yang aman, nyaman dan terjangkau," kata Firdaus.‎ (das/rtc)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri