Rute Bus Aglomerasi Mulai Dirancang, Warga Luar Tak Akan Disubsidi

Rute Bus Aglomerasi Mulai Dirancang, Warga Luar Tak Akan Disubsidi
bus TMP ukuran besar
PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru segera merancang rute bus Aglomerasi yang akan melayani rute kawasan Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan (Pekansikawan).
 
"Bersama Pemerintah Provinsi, Pemko Pekanbaru, Kabupaten Siak dan Kampar serta Pelalawan akan bekerjasama, untuk merancang rencana tersebut. Kita akan bicarakan rute mana saja yang akan dilalui," kata Walilota Pekanbaru, Dr Firdaus MT, Senin (25/4/2016).
 
Firdaus mengakui, untuk aglomerasi ini masih menemui kendala. Seperti permasalahan tiket masyarakat yang masuk wilayah luar Pekanbaru. Tapi ini akan dibicarakan lagi ke depannya.
 
"Tiket misalnya, nggak mungkin kita juga memberisubsidi masyarakat Kampar, Pelalawan atau pun Siak. Kalau masyarakat kita tetap kita subsidi. Tapi nanti kalau pemdanya atau pemprov mau beri subsidi alangkah bagus," terangnya.
 
Jadi, kata Firdaus, bus aglomerasi ini nantinya akan melayani masyarakat pinggiran yang bersentuhan langsung dengan kota Pekanbaru. Kata Firdaus, kesepakatan bersama tim gabungan antar wilayah, ke depan akan ada tiga titik koridor yang diletakkan di wilayah Kabupaten Kampar.  
 
Firdaus merincikan, usulan rute pertama pada koridor di wilayah Kabupaten Kampar dimulai dari Pandau - Kubang Raya - Garuda Sakti lalu berhenti di Bandar Raya Payung Sekaki lalu kembali lagi demikian selanjutnya.  
 
"Lalu rute Panam - Tampan - Danau Bengkuang dan Garuda Sakti - Petapahan.  Itu yang masuk wilayah Kecamatan Kampar," terangnya.
 
Sedangkan bus aglomerasi yang berbatasan dengan Siak, akan melayani rute Yos Sudarso - Minas - Siak, kemudian Pasir Putih - Sikijang masuk ke Pandau.  
 
"Ini rencana rute yang akan kita usulkan untuk aglomerasi," imbuhnya. (das)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri