Sembilan Bus TMP Ukuran Besar Beroperasi di Korido

Duuh... Pendapatan PD Pembangunan Berkurang 35 Persen

Duuh... Pendapatan PD Pembangunan Berkurang 35 Persen
Sembilan bus TMP ukuran besar segera beroperasi

PEKANBARU - Bulan Mei mendatang sembilan bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) berukuran besar yang dikelola Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Pekanbaru akan beroperasi di koridor I atau rute Pelita Pantai-Pandau. 

Masuknya sembilan bus besar itu mengurangi pendapatan Perusahaan Daerah (PD) Pembangunan yang saat ini mengelola bus ukuran sedang di rute padat penumpang itu. Penurunan ini mencapai 35 persen.

"Kalau pendapatan pasti terganggu. Penurunan bisa mencapai 35 persen. Tapi ini kan pelayanan, sama-sama disubsidi pemerintah," kata Direktur Utama PD Pembangunan, Heri Susanto, Sabtu (23/4/2016) di Pekanbaru.

Sehari, jumlah penumpang untuk delapan koridor di Pekanbaru mencapi 12 ribu penumpang. Sementara untuk koridor satu saja, jumlah penumpang mencapai 3200 setiap harinya. Bus milik PD Pembangunan yang beroperasi di koridor satu saat ini mencapai 12 unit.

Jika nanti sembilan bus yang dikelola oleh Dishubkominfo Pekanbaru sudah beroperasi di koridor satu, jumlah bus milik PD Pembangunan yang dioperasikan di koridor itu akan dikurangi. Rencananya, bus PD Pembangunan yang beroperasi di koridor itu hanya lima unit saja.

"Sisanya tujuh bus itu kita dipindahkan ke koridor yang sedikit busnya, seperti koridor delapan, koridor tiga dan koridor empat," kata Kepala Unit TMP, Panzi Barza saat dikonfirmasi.

Seperti diketahui, tarif TMP saat ini untuk umum dan mahasiswa sebesar Rp4000 dan Rp3000 untuk pelajar. Jika dikalkulasikan, jumlah penumpang yang mencapai 3200 penumpang perhari dengan tarif tersebut, pendapatan PD Pembangunan mencapai lebih kurang Rp12 juta perhari.

"Kita akan lakukan pertemuan lagi dengan dishubkominfo sebelum itu dioperasikan Mei mendatang. Kita akan bicarakan lagi bagaimana teknisnya nanti. Karena kan petugas kita nanti ada disitu," sebutnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan mengoperasikan sembilan dari 20 bus TMP ukuran besar yang pernah mangkrak di terminal Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS). Pengoperasian sembilan bus itu masih menunggu Peraturan Walikota (Perwako). (das)


Berita Lainnya

Index
Galeri