Cek Titik Api, Polsek Teluk Meranti Kerahkan Tim Gabungan ke Desa Petodaan

Cek Titik Api, Polsek Teluk Meranti Kerahkan Tim Gabungan ke Desa Petodaan

PELALAWAN - Sejumlah personel Polsek Teluk Meranti Polres Pelalawan dikerahkan untuk mengecek langsung titik api atau hotspot di Desa Petodaan yang sebelumnya sempat terpantau pada aplikasi Dashboard Lancang Kuning, Senin (08/03/2021).

Tinjauan lokasi hotspot tersebut dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas Aipda Armilas bersama TNI dan Masyarakat Peduli Api (MPA).

Kapolsek Teluk Meranti Ipda Dymas Bagus Bimantara,S.Tr.K mengatakan, giat pengecekan tersebut merupakan langkah pencegahan dan antisipasi dalam upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), menyusul masuknya musim kemarau di wilayah hukum setempat.

"Sesampainya di lokasi, tim gabungan juga menyambangi masyarakat sekitar dengan upaya pencegahan dimulai dari penyebaran maklumat Kapolda Riau tentang Karlahut dan patroli ke daerah rawan kebakaran," kata Ipda Dymas.

Selain itu, sambungnya, petugas jua melakukan sosialisasi larangan membuka lahan dengan cara membakar kepada masyarakat maupun koordinasi kepada pihak terkait seperti pemerintah maupun perusahaan agar bersama-sama melakukan pencegahan dini agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Ipda Dymas menambahkan, menindaklanjuti hasil pantauan Dashboard Lancang Kuning yang mendapati adanya titik api di wilayah Teluk Meranti hari ini, dia pun langsung memerintahkan anggotanya meninjau lokasi.

“Mereka berangkat menuju lokasi dengan menggunakan Speedboat untuk menyeberangi Sungai Kampar yang membelah wilayah desa binaan. Dari hasil pengecekan lokasi tersebut yang terpantau oleh aplikasi Lancang Kuning tersebut tidak ditemukan titik api," terang Kapolsek.

"Semoga upaya yang dilakukan Polri khususnya Polsek Teluk Meranti saat ini dapat mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Teluk Meranti,” harapnya. (Rilis)


Berita Lainnya

Index
Galeri