Ini Data Terbaru Gaji Staf hingga Manajer TI di Indonesia

Ini Data Terbaru Gaji Staf hingga Manajer TI di Indonesia
Ilustrasi.
JAKARTA - Data Jobplanet, platform komunitas online yang menampilkan informasi seputar dunia kerja dan perusahaan, menyebutkan, rata-rata gaji staf di bidang teknologi informasi (TI) di Indonesia Rp4,05 juta per bulan. Sedangkan rata-rata gaji manajer Rp8,5 juta per bulan. Angka tersebut diperoleh dari perhitungan rata-rata gaji bersih yang diterima oleh para karyawan di bidang TI, belum termasuk dengan bonus serta tunjangan.
 
Analisis tersebut dilakukan terhadap informasi gaji dari 6.500 orang responden yang bekerja di bidang TI dan terkumpul hingga akhir Maret 2016 di situs Jobplanet.com. Para responden yang merupakan pengguna Jobplanet.com itu tersebar di 35 provinsi di Indonesia, dengan perbandingan jumlah karyawan di level staf sebanyak 78% dan level manajer 22%.
 
Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia Kemas Antonius mengatakan, melalui analisis tersebut, Jobplanet ingin memberikan gambaran mengenai rata-rata gaji para karyawan TI di Indonesia. “Kami berharap, informasi ini dapat memberikan wawasan bagi para karyawan di bidang TI serta membantu para pencari kerja, terutama dalam mengukur nilai profesionalisme mereka di mata perusahaan,” tutur Kemas, dalam keterangannya, Kamis (14/4/2016).
 
Menurut dia, berdasarkan analisis, Jobplanet juga menemukan beberapa profesi TI yang diganjar gaji rata-rata yang lebih tinggi, baik di level staf maupun manajer. Beberapa profesi itu, antara lain project coordinator, software architect, dan konsultan enterprise resource planning (ERP).
 
Pada level staf, profesi project coordinator rata-rata digaji Rp5,65 juta, diikuti dengan staf software architecture Rp5,23 juta, UI/UX developer Rp5,05 juta, staf ERP Rp5 juta, dan staf system engineer Rp4,625 juta per bulan.
 
Sementara itu, pada level manajer, profesi dengan rata-rata gaji tertinggi adalah project manager Rp11,54 juta, diikuti ERP manager Rp11 juta, software architecture manager Rp9,65 juta, IT quality assurance manager Rp9,4 juta, dan information system manager Rp9,05 juta per bulan. (fan/bsc)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri