Wali Kota Pekanbaru Saksikan Kontrak Farming Antara PT SPM Bersama UPJA Bina Karya

Wali Kota Pekanbaru Saksikan Kontrak Farming Antara PT SPM Bersama UPJA Bina Karya

PEKANBARU - Bersampena dengan Peringatan Hari Pangan Sedunia tahun 2020, PT Sarana Pangan Madani (SPM) melakukan kontrak farming bersama Usaha Pelayanan Jasa Alat & Mesin Pertanian (UPJA) Bina Karya Kecamatan Bunga Raya, di Desa Japura, Kabupaten Siak, pada Jum'at (16/10/2020).

Acara ini dihadiri oleh Wali Kota Pekanbaru, Dandim 0301 Pekanbaru, Dinas Pertanian Pekanbaru, Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Pekanbaru, Kabag Humas Kota Pekanbaru dan Kabag Protokol Pemerintah Kota Pekanbaru.

Selain itu, hadir juga Kepala Divisi Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Perwakilan Riau, Manager Operasional PT. Sarana Pembangunan Pekanbaru, KTNA Provinsi, Camat Bunga Raya dan Gabungan Kelompok Tani. Acara dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokoler kesehatan.

Tujuan dari kontrak farming ini adalah memenuhi kebutuhan beras bagi masyarakat Pekanbaru Kampar Siak dan Pelalawan (Pekansikawan). Demikian disampaikan Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus MT.

"Ini adalah kelanjutan kontrak farming antara PT SPM dan Kelompok Tani disini. Dimana saat ini sudah mengelola 30 Hektare sawah, Insya Allah akan berkembang lagi menjadi 300 hektare," kata Firdaus.

Selain itu, kata Wali Kota, para petani lokal dapat terbantu agar saat panen hasilnya langsung dapat di distribusikan langsung ke salah satu program PT SPM yaitu Rumah Pangan Madani (RPM) yang ada di Pekanbaru agar para petani juga terhindar dari para tengkulak. "Kan sayang selama ini harga pangan mahal, tapi petani tidak sejahtera," kata Firdaus.

Kegiatan kontrak farming ini juga mengikuti arahan dari Presiden RI terkait Petani dan Nelayan dalam Mewujudkan Transformasi Ekonomi terutama di tengah pandemi Covid-19.

"Enam arahan itu yang pertama adalah pertumbuhan positif sektor pertanian, bagaimana momentum pertumbuhan positif sektor pertanian ini memberikan dampak yang signifikan dalam peningkatan kesejahteraan petani. Kedua, memperkuat kelembagaan petani dan nelayan," papar Wali Kota.

Yang ketiga, lanjutnya, pola pikir off farm, yaitu dengan cara membangun proses bisnis dari produksi sampai ke pascapanen. Keempat, model bisnis korperasi petani dan nelayan di sebuah Provinsi.

"Yang Kelima, peran BUMN, BUMD dan pihak swasta dalam meningkatkan kesejahteraan petani. Dan yang terakhir bagaimana membangun ekosistem yang terpadu. Alhamdulillah Kota Pekanbaru sudah melaksakan semua," sambung Firdaus.

Terakhir, Wali Kota Pekanbai mengucapkan Selamat Hari Pangan Sedunia. "Semoga ini jadi momentum untuk tetap produktif di masa Pandemi. Selain keluar dari krisis kesehatan, kita juga harus keluar dari krisis ekonomi. Kerjasama ini adalah salah satu bentuknya. Selain membuka lapangan pekerjaan, juga dapat mensejahterakan petani dan memproduksi bahan pangan," ucapanya.

Disisi lain, Ade Putra Daulay selaku Direktur PT SPM mengatakan bahwa 6 arahan ini sudah terlaksana oleh PT SPM bekerjasama dengan UPJA Bina Karya namun masih dalam volume yang kecil. 

"Harapan kami pemerintah pusat dapat mensupport agar arahan dari Presiden ini dapat kami laksanakan dengan volume yang lebih besar," harapnya.

Acara itu pun diakhiri dengan jamuan makan siang bersama dan dilanjutkan dengan acara penanaman padi oleh seluruh tamu undangan yang hadir. (Adv)


Berita Lainnya

Index
Galeri