RIAU

Laksanakan Operasi Yustisi, Polsek Bunut Sebut Masyarakat Mulai Bisa Mematuhi Prokes

PELALAWAN - Personel Polsek Bunut Polres Pelalawan melakukan Operasi Yustisi kepada masyarakat yang dipimpin oleh Bripka Edy S beserta Bripka Dedi H, Rabu (21/10/2020). Dalam kegiatan tersebut, tampak warga sudah banyak yang menggunakan masker. 

"Kewaspadaannya sangat baik sekarang. Tahu bahwa harus pakai masker, tahu bahwa harus menjaga jarak, tahu harus mencuci tangan," kata Kapolsek Bunut Polres Pelalawan AKP Rokhani,S.S,MH.

Disebutkan, saat ini kesadaran masyarakat tentang pentingnya penggunaan masker sudah meningkat. Masyarakat mulai tahu bahwa penggunaan masker merupakan upaya paling ampuh dalam pencegahan Covid-19. Masker menjadi salah satu hal terpenting untuk mencegah terpaparnya Covid-19.

"Yang perlu dilakukan pemerintah saat ini yakni mentransformasikan kesadaran masyarakat tentang pencegahan penularan Covid-19 ini menjadi perilaku. Transformasi kesadaran menjadi perilaku bisa mencegah penularan Covid-19 oleh masyarakat adalah yang paling penting," tuturnya.

"Maka bisa kita yakini bahwa kalau dia menggunakan masker motivasinya bukan karena takut didenda, karena memang tidak ingin tertular. Kalau kemudian menjaga jarak, maka motivasinya bukan karena takut ditegur, tapi karena tidak ingin menularkan atau tertular. Saya hanya bisa menyampaikan penekanan adalah bagaimana kita semuanya mampu mempengaruhi masyarakat untuk patuh kepada protokol kesehatan," ungkap AKP Rokhani.

Biasanya lanjut Kapolsek, wanita atau perempuan dan ibu-ibu ini justru lebih efektif ketika orang tua berpesan kepada anaknya, kepada mereka yang usianya yang masih lebih muda. Diyakini ini akan juga sangat efektif.

"Media juga dapat menjadi komponen utama dalam mensosialisasikan cara pencegahan Covid-19. Oleh karenanya peran dari seluruh komponen terutama jajaran media yang mana telah kita ketahui 63% program sosialisasi tentang Covid ini akan efektif oleh media. Baik media mainstream, media sosial termasuk juga media luar ruangan," terangnya.

Namun, sambungnya, pesan tentang mematuhi protokol kesehatan ini juga harus melibatkan tokoh-tokoh penting di masyarakat agar pesan yang disampaikan dapat diikuti.

“Nah, sekarang bagaimana kita bisa menjabarkan kita bisa memperbanyak pesan-pesan penting terutama melibatkan tokoh-tokoh yang ada di daerah. Pilihlah orang-orang yang tepat agar masyarakat patuh. Dibutuhkan figur-figur ketauladanan, dibutuhkan orang-orang yang pantas untuk diikuti nasihat-nasihatnya,” tegas Kapolsek. (Rilis)



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video