Fantastis! Tahun Ini Pemko Pekanbaru Anggarkan Rp150 Miliar untuk THL

Fantastis! Tahun Ini Pemko Pekanbaru Anggarkan Rp150 Miliar untuk THL
Alek Kurniawan

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan melakukan efisiensi tenaga harian lepas (THL) di lingkungan Pemko Pekanbaru. Besok, rencananya Pemko akan kumpulkan seluruh THL di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Efisiensi itu dilakukan karena tingginya beban APBD yang harus dikeluarkan untuk menggaji THL. Dalam satu tahun, Pemko Pekanbaru habiskan Rp150 miliar hanya untuk menggaji THL.

"Tahun 2016 untuk gaji dan tunjuangan lebih kurang Rp150 miliar," kata Sekretaris Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pekanbaru, Alek Kurniawan, Selasa (5/4/2016) di Pekanbaru.

Dibanding tahun lalu, tahun ini jumlah itu jauh meningkat. Peningkatan beban anggaran itu diakui Alek seiring makin bertambahnya jumlah THL di lingkungan Pemko Pekanbaru.

"Peningkatan dipengaruhi dengan meningkatnya jumlah THL. Satu orang gajinya Rp2.100.000 perbulan. Setiap tahun mereka dapat Tunjangan Hari Raya Rp450 ribu. Kalau ditotalkan, setahun mereka dapat lebih kurang Rp25 juta," paparnya. 

Sementara itu, Pelaksana Tuhas (Plt) Asisten III Bidang Administrasi Umum, Azharisman Rozie mengatakan, akan mengupulkan THL sebagai langkah awal untuk rencana efisiensi THL dan juga menghitung jumlah mereka.

"Langkah awal hanya di sekretariat saja dan selanjutnya (besok) seluruh THL SKPD akan dikumpulkan," kata Rozie.

Setelah dihitung, THL di sekretariat Pemko Pekanbaru cukup banyak, yaitu mencapai 300 orang. Untuk itu, setiap Kepala Bagian di Sekretariat diminta lakukan analisa kebutuhan beban kerja.

"Jika melebihi dari yang dibutuhkan maka akan di pertanyakan mengapa lebih dari ketentuan yang dibutuhkan," ungkapnya.

Menurut Rozie, Pemko tidak ingin merumahkan para THL, makanya efisiensi ini dilakukan. Artinya, ketika bidang lain membutuhkan dan di bidang yang lain kekurangan maka akan dialihkan ke tempat yang membutuhkan.

"Namun jika berdasarkan analisa kerja semua bidang sudah mencukupi, pilihan terakhir dari beberapa opsi yang ada, dengan merumahkan para THL," kata Rozie.

Dari itu, seluruh bidang di sekretariat untuk sesegera mungkin lakukan analisa kebutuhan dan beban kerja. Sebelum Juni semuanya harus tuntas. (das)


Berita Lainnya

Index
Galeri