Loading...
RIAU

Antisipasi Virus Corona, Pemerintah Desa Ngaso Anggarkan Dana Rp149 Juta

ROHUL - Pemerintah Desa Ngaso, Kecamatan Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulu, Riau menggelar rapat bersama perangkat desa serta tokoh agama, adat dan organisasi pemuda terkait penanangan Virus Corona (Covid-19)

Kepala Desa Ngaso Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu, Andes Siata menyampaikan, bahwa dalam rangka mengimplementasikan surat edaran Gubernur Riau dan ditindak lanjuti dengan Surat Edaran (SE) Bupati Rokan Hulu dalam rangka penanganan dan pencegahan menyebarnya Virus Corona atau yang biasa disebut Covid-19.
 
Maka pemerintah Desa Ngaso, Kamis (2/04/2020) mengadakan rapat dengan agenda mengambil langkah cepat dan terukur yakni dengan membuat APBDES Perubahan, untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Dalam agenda rapat tersebut tampak hadir pemerintah desa yang terdiri dari anggota Badan Perwakilan Desa (BPD), tokoh adat, tokoh agama, LPMD dan utusan perempuan/wanita, Kadus, KPMD, LINMAS, RT/RW serta perwakilan pemuda.

Loading...

"Dalam rapat tersebut dapat disimpulkan berbagai kesimpulan yang dijadikan sebagai keputusan APBDES Perubahan," kata Kades.

Kepala Desa Ngaso Andes Siata, juga menyampaikan bahwa dana yang diambil adalah  pos anggaran pembangunan balai desa untuk kemudian dipergunakan untuk Pencegahan virus corona (Covid-19) yakni penyemprotan dari rumah ke rumah sedesa Ngaso dengan cairan  Disinfektan, kemudian pembelian masker buat masyarakat yang rentan dengan Covid-19, serta pembelian alat semprot kepada setiap RT se-desa Ngaso.

"Bahwa anggaran tersebut juga digunakan untuk menyediakan tempat cuci tangan di rumah ibadah atau warung-warung dan sarana umum lainnya," jelasnya.

"Membuat dan memasang himbauan tentang bahaya corona dan antisipasi melalui baleho/benner,dan penanganan corona dengan membentuk satgas yang diketuai oleh BPD yang beranggotakan sebanyak 86 anggota,membantu korban virus corona dan subsidi sembako apabila sewaktu waktu Desa di anggap masuk zona merah oleh pemerintah daerah," imbuhnya.

Lanjut Kades, bahwa, anggaran yang disediakan untuk penanganan itu semua sebanyak Rp149 juta yang  bersumber dari DD/ADD sesuai intruksi Kementerian Desa dan Bupati Rokan Hulu agar Desa menyiapkan anggaran darurat bencana virus corona.***(Ds)



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video