Kapolres Rohul Pimpin Apel Siaga dan Simulasi Karhutla di Kabun

Kapolres Rohul Pimpin Apel Siaga dan Simulasi Karhutla di Kabun

ROHUL - Kapolres Rokan Hulu AKBP Dasmin Ginting, SIK, Pimpin Apel Siaga Karhutla dan Simulasi Penanggulangan Karhutla Terintegrasi Tingkat Kecamatan Kabun Tahun 2020 Ditandai dengan pemasangan pita kepada perwakilan tim siaga Karhutla. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Lapangan Bola Desa Batu Langkah Besar,Selasa (25/2/2020).

Dalam giat tersebu turut hadir Kasat Intel Polres Rohul AKP Edi Sutomo, SH.MH, Kasat Sabhara AKP Kamsir, SH, Kasat Lantas AKP Andriyanto, SKG., S.IK, Camat Kabun, Anang Perdana Putra S.STp, Kapolsek Kabun, AKP Didi Antoni. SH.MH, Danramil 08/TDN, Kapten INF Alza Septendi, diwakilkan Serka Sugianto, Paur Humas Polres Rohul IPDA Feri Fadli, SH, Kepala Puskesmas Kecamata Kabun Irman Ali Rois. S.Td, Kasi Trantib Kabun Jhon Heri.ST.

Para Kades se-Kecamatan Kabun, Pimpinan dan Karyawan Perusahaan, Perkebunan dan KUD, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda/i, PMI, Ketua PAC. PP Kabun, Senkom, Ketua PPM Kec. Kabun, Ketua PAC. PPM dan Para Undangan Kurang lebih 150 Orang.

Sedangkan peserta apel, satu pleton tim Karhutlla Kecamatan, Koramil Kabun, Polsek Kabun, Trantib,Ka Kamenag Kabun, Puskesmas Kabun, Sekon, Pemuda Pancasila, PMI, PPM dan Banser NU.

Dalam sambutannya, Kapolres Rokan Hulu AKBP Dasmin Ginting menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak sehingga bisa terselenggaranya apel siaga dan simulasi penanganan Karhutla.

Lanjutnya, langkah tanggap dan cepat penanganan Karhutla di Riau selama tahun 2020 ini termasuk di wilayah Kabupaten Rokan Hulu yang sampai saat ini tidak adanya titik api, pada kunjungannya belum lama ini di Riau, Bapak Presiden RI Ir. H. Joko Widodo  memuji dan  sangat mengapresiasi langkah - langkah yang telah dilakukan oleh seluruh  stake holder di provinsi Riau. Baik Polri, TNI dan seluruh masyarakat yang turut serta.

"Kita perlu berbangga bahwa provinsi lain yang dimungkinkan terjadinya karhutla di musim kemarau akan mencontoh kita baik secara IT maupun Sapras termasuk juga sinergitas yang terjalin dalam pencegahan dan penanganan karhutla," kata Kapolres Rohul.

"Tinggal kita melanjutkan mengkonkretkan lagi apa yang telah kita rencanakan ini dengan sebaik-baiknya. Untuk itu melalui apel ini, mari kita terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak melakukan membuka lahan pertanian nya dengan cara dibakar," tutur Dasmin Ginting.

Masih AKBP Dasmin Ginting, pada hari ini Polres Rokan Hulu dan atas nama Forkopimda Kabupaten Rokan Hulu mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas sinergitas di Kecamatan Kabun dalam Kesiapan SDM yang tergabung antara TNI-Polri, Sat. Pol PP (Trantib), Puskesmas Kabun, Ka Kamenag Kabun.

Ada Relawan dari Ormas PP, Senkom, PPM, Banser, PMI dan MPA se-Kecamatan Kabun Rayon I dan Rayon II, Personil Tanggap Darurat Perusahaan, Perkebunan dan KUD se-kec Kabun, begitu juga dalam Kesiapan Peralatan Penanggulangan Karlhutla Kesiapan Kec. Kabun sudah  Terintegrasi Tahun 2020.

Kegiatan Mitigasi Pencegahan Karhutla menyampaikan Maklumat Kapolda Riau, Himbauan Gubernur Riau Pembuatan Embung, Kanal Blocking, Sumur Bor yang sudah dilakukan dan dibuat oleh seluruh Desa, Perusahaan, Perkebunan dan KUD se Kecamatan Kabun.

"Kesiapan ini tentunya kedepan diharapkan hasil kerja yang Kongrit dalam menanggulangi Karhutla di Kecamatan Kabun Tahun 2020," sebutnya.

"Sudah saatnya pikiran dan ucapan kita sejalan dengan Perbuatan sehingga semuanya dapat di tangani bersama dengan baik," tambah Kapolres Rohul.

"Kiranya masyarakat bisa mendukung apa yang menjadi komitmen kita bersama untuk tidak membuka lahan dengan cara di bakar dan berharap masyarakat memberikan informasi, melaporkan bila melihat terjadi kebakaran kepada Bhabinkamtibmas atau pemerintahan Desa/MPA," himbau Kapolres Rokan Hulu.

Sementara itu, Kapolsek Kabun mengaku, yang menjadi motivasi adalah motto yang di tegaskan oleh Bapak Kapolres Rohul AKBP Dasmin Ginting agar "Bekerja sama dan sama-sama bekerja"

"Semua kegiatan yang kita lakukan hari ini akan sia-sia bila tidak di dukung masyarakat. Untuk itu sesuai arahan Bapak Kapolres Rohul pada saat apel siaga, Kesiapan kedepan diharapkan hasil kerja yang kongkrit dalam menanggani karhutla di kecamatan Kabun dan sudah saatnya pikiran dan ucapan sejalan dengan perbuatan sehingga ditanggani bersama dengan baik," pungkasnya.

Dalam apel tersebut dilaksanakan berbagai rangkaian kegiatan simulasi penanganan Karhutla menentukan serta memperagakan, formasi peserta apel, formasi pegelaran Ranmor, formasi peralatan Karhutla, penegakan hukum.

Masing-masing tim yang sudah dibentuk langsung memperagakan terkait penanganan, mengantisipasi untuk tidak terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kecamatan Kabun.***(Ds)


Berita Lainnya

Index
Galeri