Kata Walikota Dr Firdaus MT, Masjid Bukan Sekadar untuk Salat Lima Waktu

Kata Walikota Dr Firdaus MT, Masjid Bukan Sekadar untuk Salat Lima Waktu
Walikota Dr H Firdaus ST MT bersama Ketua IKMI dan para tokoh salam kebersamaan dalam menyatukan per

PEKANBARU - Walikota Pekanbaru, Dr H Firdaus MT mengajak seluruh masyarakat muslim di Pekanbaru agar memfungsikan masjid sebagai tempat membicarakan kemaslahatan umat. Masjid tidak hanya untuk ibadah semata, tetapi juga untuk persoalan sosial, ekonomi dan kepedulian lingkungan.

Demikian disampaikan Walikota saat safari Jumat di masjid Baiturrahim Jl Kutilang Sakti RW 17 Kelurahan Simpang Baru Panam, dengan didampingi Camat Tampan Nurahsminsyah, Lurah se-Kecamatan Tampan, dengan khatib Utscadz H Zulfikar Abdul Malik Lc.

Dijelaskan Walikota di hadapan ratusan Jemaah jumat itu, bahwa program Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melakukan pembinaan masjid Paripurna baik di tingkat kota, kecamatan dan saat ini diprogramkan ditingkatkan Kelurahan, tidak lain untuk meningkatkan fungsi masjid secara keseluruhan yang secara stimulus dibantu oleh Pemko Pekanbaru.

“Selama ini, sebagian kita memfungsikan masjid hanya untuk kegiatan ibadah salat 5 waktu atau wirid pengajian dan majelis taklim. Akan tetapi sebenarnya masjid di zaman Rasulullah menurut riwayat dan sejarahnya disebut multi fungsi. Masjid di zaman Rasulullah juga dijadikan tempat pusat pemerintahan yang membicarakan kelansungan negara Madinah, dan pengaturan strategi perang melawan kaum kafir serta menjadi pusat membicarakan tentang ekonomi umat,’’ ujar Walikota.

Artinya, menurut Walikota, urusan permasalahan masyarakat atau umat lebih banyak dibahas dan dipecahkan serta dibicarakan di masjid, di samping bisa memakmurkan masjid, juga bisa membuat kita menjaga lisan ketika menyampaikan usul saran  karena berada di dalam masjid.

“Dari masjid  Paripurna kita fungsikan masjid dalam tridaya, pertama masjid sebagai peningkatan SDM umat baik mental maupun wawasan serta pengetahuan dan peningkatan ibadah. Kedua, masjid difungsikan untuk peningatan ekonomi masyarakat di mana masjid bisa memiliki koperasi syariah yang bisa menjadi cikal bakal usaha yang tidak hanya untuk kepentingan kesejahteraan masjid dan pembangunannya tapi juga bisa menjadi sumber ekonomi masyrakat kaum dhuafa. Dan yang ketiga, masjid bisa difungsikan untuk menjadi pusat pelopor menciptakan lingkungan yang aman, bersih, sehat, hidup bergotong royong, serta peningkatan rasa persaudaran dan persatuan,’’ ujar Walikota. (das/rls)


Berita Lainnya

Index
Galeri