Di Uni Emirat Arab, Banyak Keluarga Muslim Ikut Rayakan Natal

Di Uni Emirat Arab, Banyak Keluarga Muslim Ikut Rayakan Natal

DUBAI - Ketika perayaan Natal di Uni Emirat Arab (UEA) tinggal hitungan jam lagi, tidak hanya para ekspatriat Kristen yang sibuk untuk merayakannya. Banyak keluarga Muslim di negara ini juga sibuk mempersiapkan perayaan.

Banyak warga Muslim UEA telah menghiasi rumah-rumah mereka dengan lampu pohon-pohon Natal dan tumpukan bungkusan hadiah warna merah dan hijau di bawahnya yang menunggu untuk dibuka.

Ahmed Emad, 24, seorang seniman penuh waktu, mengatakan dia berasal dari keluarga yang suka perayaan apa pun. Dia menggambarkan perayaan Natal di rumahnya sebagai tradisi.

"Keluarga dan teman-teman saya bertemu beberapa minggu sebelum Natal untuk menghias pohon. Pada tanggal 25 Desember, kami mengadakan pertemuan di rumah tempat ibu saya memasak pesta besar untuk semua orang; tahun lalu, dia membuat makanan laut," katanya.

"Kemudian kami memiliki ‘Home Alone’ maraton dan bermain papan permainan. Kami juga selalu melakukan Secret Santa (di mana orang bertukar hadiah Natal secara anonim). Saya mendapatkan nama bibi saya dan membelikannya hadiah kecil untuk disimpan di bawah pohon," ujar Ahmed.

Ahmed mengatakan Natal adalah acara budaya murni bagi keluarga untuk berkumpul. “Kami adalah keluarga yang sepenuhnya Muslim, dan orang-orang yang kami undang juga semuanya Muslim. Bagi kami, ini hanya tentang berbagi dan berpartisipasi dalam kebahagiaan semua orang," paparnya, seperti dikutip Gulf News, Selasa (24/12/2019).

Dia bersyukur bahwa dia berasal dari negara yang sangat toleran terhadap berbagai agama dan perayaan.

"Kita hidup dalam masyarakat yang sehat di mana setiap orang dapat menikmati diri mereka secara terbuka dan nyaman. Saya belum pernah melihat orang menilai kami. Semua orang mengerti bahwa ini hanya semangat liburan," kata Ahmed.

Bagi Madia Alfarhan, 19, seorang pelajar Hubungan Internasional, Natal adalah tentang berbagi perayaan dengan saudara perempuannya. Rumah mereka terdapat pohon hias dengan banyak hadiah yang biasanya mereka dapatkan melalui Secret Santa. "Kami menghabiskan hari Natal memasak dan membuat roti bersama, lalu kami makan malam dan bertukar hadiah," katanya.

“Idul Fitri dan Ramadan adalah perayaan yang sangat penting bagi kami karena mencakup semua keluarga besar dan kerabat kami. Natal, di sisi lain, telah menjadi tradisi yang lebih intim bagi saya dan saudara perempuan saya dan kami menikmati suasana pesta yang menyertainya," paparnya.

Banyak warga ekspatriat di UEA merasa terkejut bahwa warga UEA juga merayakan Natal. "Orang-orang harus memperluas pandangan mereka tentang Emirat. Mereka harus mencoba dan melakukan upaya untuk menjangkau kami dan membentuk pendapat berdasarkan interaksi dengan banyak (orang) Emirat yang berbeda," kata Madia.

Di tempat lain di rumah Hassan Alasmawi, Natal dirayakan dengan sekelompok besar teman dan keluarga berkumpul di sebuah rumah di mana pohon Natal didirikan di halaman belakang. Eksekutif pemasaran digital berusia 24 tahun mengatakan, “Seorang anggota keluarga akan berpakaian seperti Santa dan membagikan hadiah. Sangat menyenangkan bagi anak-anak. Lalu kita akan makan malam Natal bersama. Yang paling saya nikmati adalah menghabiskan waktu bersama semua orang yang saya cintai."

Dia menekankan pentingnya orang-orang dari semua kebangsaan datang bersama selama liburan. “UEA selalu menciptakan rasa inklusi dengan banyak negara yang kita miliki di sini. Ada pohon Natal di mal dan ada banyak konser dan festival untuk Holi. Sama seperti orang lain yang berpartisipasi dalam perayaan Idul Fitri kami, kami juga harus mengambil bagian dalam perayaan mereka," kata Hassan.

Hassan berharap bahwa semangat liburan bersama akan menghilangkan kesalahpahaman yang mungkin orang miliki tentang orang-orang dari negara lain. “Penting bagi orang untuk memahami bahwa kami mengekspresikan diri kami secara berbeda. Kami memiliki tradisi, budaya, dan warisan yang kami cintai dan hormati; tetapi kami juga memiliki identitas pribadi kami," paparnya.

Maitha Al Jenaidi, 23, lulusan Universitas Zayed, suka berpartisipasi dan merencanakan acara sosial. Natal di rumahnya, dengan 20 tamu dan banyak anak, adalah acara yang menyenangkan dengan permainan dan musik yang meriah.

“Kami makan malam keberuntungan, bertukar hadiah dan cerita dan kami biasanya begadang sampai pukul 02.00 pagi. Itu adalah getaran positif dan kekeluargaan yang kita semua cintai," kata Maitha.

“Saya seorang Muslim dan semua orang yang saya rayakan semuanya adalah Muslim. Banyak non-Muslim merayakan Idul Fitri dan mereka berpartisipasi dalam Ramadan. Kita juga bisa terlibat dalam Natal karena kita tidak melihatnya sebagai festival keagamaan, tetapi perayaan yang indah yang memiliki semangat liburan budaya yang hebat. Ini memberi kami kesempatan untuk bersama keluarga kami dan Emirat secara umum memiliki ikatan keluarga yang kuat. Jadi, semakin banyak kesempatan kami bersama, semakin bahagia kami," imbuh Maitha.

Pada 2019, ada 884.463 ekspatriat Kristen dan 40 gereja di UEA.


Berita Lainnya

Index
Galeri