Loading...
RIAU

Sertu Solikhin Bantu Petani Membersihkan Gulma Pada Lahan Kebun Ubi.

Poto:Sertu Solikhin sedang membantu petani membersihkan Kebun Ubi:RRC/AR.

TELUKKUANTAN- Babinsa Koramil 06/Cerenti Sertu Solikhin Membantu Warga membersihkan atau menyiangi gulma pada lahan perkebunan ubi kayu, di Desa Pulau Panjang Cerenti, Kecamatan Cerenti, Selasa (10/9/2019).

Sertu Solikhin mengatakan bahwa Selain hama dan penyakit yang menyerang tumbuhan dan merugikan petani, gulma juga perlu mendapat perhatian khusus. Pada petani kadang kurang memperhatikan gulma sehingga dalam kurun waktu tertentu populasi gulma sudah melebihi batas.

Gulma – gulma ini akan berkompetisi dengan tanaman utama dalam mendapatkan unsur hara yang diperlukan pertumbuhannya. Gulma dapat menjadi tempat persembunyian hama. Pembersihan gulma sangat penting untuk menekan perkembangan hama yang dapat menyerang tumbuhan terutama pada perkebunan Ubi Kayu itu sendiri,Kata Solikhin.

Loading...

Sertu Solikhin Juga menambahkan bahwa,Gulma merupakan tumbuhan yang berasal dari spesies liar yang telah lama menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan, atau spesies baru yang telah berkembang sejak timbulnya pertanian khususnya di Desa Pulau Panjang Cerenti ini.

"Setiap kali manusia berusaha mengubah salah satu atau seluruh faktor lingkungan alami, seperti pembukaan hutan, pengolahan tanah, pengairan dan sebagainya, maka selalu akan berhadapan dengan masalah baru karena tumbuhnya tumbuhan yang tidak diinginkan yang merupakan salah satu akibat dari perubahan tersebut," tambahnya.

Kemudian Sertu Solikhin Beberapa Manfaat/ Kegunaan Gulma Selain merugikan, beberapa gulma juga memberikan manfaat bagi manusia.  Beberapa manfaat yang diperoleh dari tumbuhan gulma antara lain sebagai bahan penutup tanah dalam bentuk mulsa yang kemudian akan meningkatkan bahan organik setelah melapuk, mengurangi atau mencegah bahaya erosi, sebagai bahan makanan ternak, sebagai penghasil bahan bakar (biogas, arang), sebagai bahan baku industri/kerajinan (kertas, anyaman), sebagai media tumbuh jamur merang (gulma air), dan sebagai bahan obat-obatan tradisional.

Sertu Solikhin juga menambahkan Tujuan pembersihan gulma antara lain untuk mengurangi tumbuhan pengganggu yang akan menjadi pesaing tanaman utama seperti ubi kayu tadi. "Selain itu juga karena gulma merupakan inang alternetif dan tempat persembunyian hama penyakit," Ujar Sholikin.

Ucapan terimah kasih yang disampaikan oleh Bapak Muasir terhadap Sertu Solikhin khususnya TNI AD umumnya atas kepedulian Babinsa terhadap kami masyarakat sehingga perasaan kami TNI memang sangat bermanfaat bagi Nusa dan Bangsa.

Selanjutnya TNI tetap Solid dan Maju terus demi NKRI, pungkasnya.



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video