Maksimalkan PAD Pekanbaru

Pemko Launcing Tiga Unit Mobil Layanan Pajak

Pemko Launcing Tiga Unit Mobil Layanan Pajak
Pemko Pekanbaru melaunching tiga unit mobil pelayanan pajak
PEKANBARU - Guna meningkatkan pelayanan pajak dan sosialisasi kepada masyarakat, Minggu (20/3/2016) kemarin, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melaunching tiga unit mobil pelayanan pajak, di Kecamatan Bukit Raya. Dihadiri Walikota, Dr H Firdaus ST MT dan Wakil Walikota, Ayat Cahyadi Ssi diikuti pula oleh Kepala Dinas Pendapatan (Dispenda) Pekanbaru, Yuliasman.
 
Kegiatan diawali dengan melaksanakan jalan santai bersama dilanjutkan dengan pemecahan kendi berisi air, dilakukan langsung Walikota Firdaus. Disiramkan ke salah satu mobil layanan pajak sebagai tanda dimulainya operasional kendaraan untuk melayani masyarakat wajib pajak.
 
Simulasi pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) secara online di mobil pelayananan pajak yang baru dilauncing juga dilakukan. Kehadiran tiga unit mobil tersebut siap berkeliling memberikan informasi tentang perpajakan kemasyarakat di Kota Pekabaru. Diharapkan dapat memaksimalkan perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak.
 
"Mobil pelayanan pajak merupakan inovasi baru dari Pemko Pekanbaru untuk menyentuh layananan hingga ke rumah masyarakat sebagai wajib pajak. Mengenai jadwal pelaksanaan akan diatur pihak Dispenda. Dengan adanya mobil keliling kita optimis mampu menambah PAD dan menggali potesi yang ada. Sehingga masyarakat tak ada alasan lagi untuk tidak membayarkan pajak yang menjadi kewajiban dari mereka," ujar Firdaus, dilokasi kegiatan.
 
Pada tahap pertama, kata wako, untuk sementara Pemko Pekanbaru masih melauncing tiga unit mobil pelayanan pajak keliling, diiringi pemberian keringanan pembayaran pajak kepada masyarakat kategori berpenghasilan Rendah. Dalam hal itu Pemko memberikan subsidi untuk pajak PBB dengan diskon 100 persen atau gratis kepada 100ribu lebih Kepala Keluarga.
 
"Kita harapkan kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah khususnya Dispenda agar membuat Inovasi kreatif, lebih bekerja keras dan lebih dekat bersama masyarakat untuk melayani wajib pajak. Sehingga dapat membangun Maindset dan perilaku masyarakat lebih baik dengan tagline warga bijak taat pajak," imbuhnya.
 
Kepala Dispenda kota Pekanbaru, Yuliasman, mengatakan, tiga unit mobil layanan tersebut telah dianggarkan pihaknya pada tahun 2015 lalu, akan dioperasionalkan di seluruh kecamatan Kota Pekanbaru ditahun 2016 ini. Selain tiga unit yang disebut, Dispenda Pekanbaru juga mendapat bantuan dua unit mobil pajak keliling dari Bank RiauKepri melalui program CSR.
 
"Harapan kita seiring launcing tiga unit mobil ini, secara perlahan bisa menyentuh emosional wajib pajak agar mereka sadar akan kewajibannya dalam membayar pajak. Kita juga akan berupaya maksimal meningkatkan perolehan PAD dari sektor pajak," kata Yuliasman. (das/rls)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri