Hati-hati Kalau Kesemutan di Tangan, 5 Penyakit Ini Bisa Jadi Penyebabnya!

Hati-hati Kalau Kesemutan di Tangan, 5 Penyakit Ini Bisa Jadi Penyebabnya!

Kesemutan di area tangan adalah hal yang biasanya karena tangan memiliki beberapa reseptor sentuhan paling sensitif di seluruh tubuh dan semua reseptor sentuh terhubungan ke otak. Tetapi, kesemutan tangan yang diabaikan juga bisa menjadi pertanda suatu penyakit.

Menurut Rob Danoff, direktur kedokteran keluarga di Aria Health System Philadelphia dilansir dari Prevention, mati rasa dan kesemutan bisa terjadi jika salah satu saraf terjepit atau rusak.

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa menyebabkan Anda mengalami kesemutan di tangan dan jari-jari. Namun kesemutan di tangan ini bisa menjadi tanda adanya infeksi atau kondisi kesehatan tertentu.

1. Gangguan tiroid

Tiroid yang kurang aktif atau hipotiroidisme bisa mengakibatkan kesurakan pada saraf yang mengangkut informasi antara otak dan sumsum tulang belakang.

Ganguan tiroid ini bisa menyebabkan gejala rambut rontok, berat badan bertambah, kedinginan dan mati rasa di bagian tangan.

2. Kekurangan vitamin B12

Kekurangan vitamin B12 yang parah juga disebut anemia pernisiosa. Biasanya menimbulkan gejala seperti kelelahan, masalah keseimbangan, napas pendek, tangan dan kaki dingin, sakit kepala dan kesemutan serta mati rasa di tangan.

Jika Anda mengalami gejala tersebut, sebaiknya mengonsumsi daging, telur, unggas dan susu.

3. Kista ganglion

Kistan ganglion adalah gumpalan atau endapan non-kanker yang terbentuk di tubuh, biasanya cenderung muncul di sekitar persendian. Menurut American Academy of Orthopedic Surgeons (AAOS) kista ganglion adalah benjolan yang paling umum muncul di tangan.

Jika kista ini muncul di pergelangan tangan akan menimbulkan sensasi mati rasa, sakit, kesemutan dan kelemahan otot.

4. Penyakit lyme

Penyakit lyme adalah suatu konsisi yang bisa terjadi akibat gigitan kutu berleher hitam yang terinfeksi. Tanda-tanda awal lyme termasuk kelelahan serius, ruam kulit, flu, demam, nyeri sendi hingga kesemutan tangan.

5. Stroke

Mati rasa atau kesemutan tangan yang terjadi secara tiba-tiba juga bisa menjadi tanda awal Anda menderita stroke.

Hal ini bisa terjadi karena aliran darah tersumbat ke area otak dan bisa mengancam jiwa. Sebab, sel-sel otak mulai mati akibat kekurangan oksigen.


Berita Lainnya

Index
Galeri