Berhati-hatilah dari Dosa yang Sering Dianggap Remeh Ini

Berhati-hatilah dari Dosa yang Sering Dianggap Remeh Ini

Menganggap remeh sesuatu dapat menjadi ibadah atau bencana. Seseorang yang menganggap remeh ibadahnya di hadapan Allah adalah salah satu jalan pensucian jiwa guna menghindari penyakit ‘ujub terhadap amalan solehnya dan sebagai motivasi untuk memperbaiki ibadah, kualitas maupun kuantitasnya.

Namun jika tidak berhati-hati dalam menata qolbu, seseorang dapat terjatuh dalam sebuah dosa apabila ia menganggap remeh sebuah ibadah yang wajib dengan meninggalkannya, dan kedua hal ini mirip namun hakikatnya berbeda. Jauh lebih berbahaya dari itu, apabila ia menganggap remeh sebuah dosa sekecil apapun itu.

Dari Sahl bin Sa’ad radiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah shallalahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Berhati-hatilah dari dosa-dosa yang dianggap remeh, karena permisalan dosa-dosa yang dianggap remeh ibarat suatu kafilah safar yang bermalam di sebuah lembah, setiap orang mengumpulkan sebuah  kayu bakar hingga mereka dapat memasak roti mereka. Sesungguhnya dosa-dosa yang dianggap remeh itu dapat membinasakan pelakunya jika ia dihisab” (HR Ahmad nomor 22808 dan dishahihkan Al Albany dalam silsilah shahihah nomor 389).

Benar bahwa Allah Maha kasih, Maha penyayang dan Maha pengampun terhadap hamba-hambaNya, bahkan Allah telah berfirman di dalam Al Quran:

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa selain syirik bagi siapa yang dikehendakiNya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar” (QS An-Nisa 48).

Akan tetapi bukankah Allah juga yang telah menggambarkan dengan sangat jelas penyesalan para pelaku dosa dan maksiat dalam firmanNya:

“Dan diletakkanlah kitab, lalu kamu akan melihat orang-orang bersalah ketakutan terhadap apa yang tertulis di dalamnya, dan mereka berkata “aduhai celaka kami, kitab apakah ini yang tidak meninggalkan yang kecil dan tidak pula yang besar melainkan ia mencatat semuanya”, dan mereka dapati apa yang telah mereka kerjakan ada tertulis. Dan Tuhanmu tidak menganiaya seorangjuapun” (QS Al-Kahfi 49).

Karenanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memperingatkan kita untuk berhati-hati dari dosa-dosa yang dianggap remeh oleh sebagian besar manusia. Apa itu dosa yang dianggap remeh oleh manusia? Al Munawi rahimahullah dalam “Faidhul Qadir 3/127” menjelaskan bahwa dosa yang dianggap remeh adalah dosa-dosa kecil yang terus dilakukan seseorang, dan ia tak bertaubat darinya, sedangkan dosa besar tak diberikan permisalan oleh Rasulullah karena sedikitnya dari kalangan sahabat yang terjatuh di dalamnya. Anas radiyallahu ‘anhu berkata;

“Sesungguhnya kalian mengerjakan amalan-amalan yang kalian anggap lebih halus dari sehelai rambut, sedangkan kami (para sahabat. pen) menganggapnya sebagai pembawa kebinasaan di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam” (HR Bukhari nomor 6492).

Rasulullah memisalkan dosa kecil dengan sebatang kayu bakar, yang tak memiliki manfaat yang banyak untuk menyalakan api dan digunakan memasak. Namun ketika dikumpulkan barulah memberikan manfaat yang berarti. Imam Al Ghazali rahimahullah sebagaimana dinukil dalam “Faidul Qadir 3/127” berkata “Kesalahan kecil dapat menjadi sebuah dosa besar dengan dua hal; menganggapnya remeh dan terus menerus mengerjakannya. Tiap kali sebuah dosa dianggap besar niscaya ia akan kecil di sisi Allah, dan jika dosa dianggap kecil niscaya ia akan besar di sisi Allah. Karena anggapan besarnya sebuah dosa lahir dari bencinya hati seseorang kepada perbuatan tersebut, sedangkan anggapan kecilnya sebuah dosa lahir dari senangnya hati seseorang kepada perbuatan tersebut. Oleh karena itu ia pantas untuk diadzab karena hati hendaknya diisi dengan cahaya iman dan ketaatan, bukan dengan gelapnya dosa dan kemaksiatan.”

Oleh: Ustadz Rahmat Badani, Lc, MA


Berita Lainnya

Index
Galeri