Dexlite, Varian Baru BBM Jenis Solar Pertamina

Dexlite, Varian Baru BBM Jenis Solar Pertamina
Ilustrasi.
JAKARTA - PT Pertamina dalam waktu dekat akan mengeluarkan varian baru bahan bakar minyak (BBM) jenis solar. Sehingga konsumen yang menggunakan mesin diesel memiliki pilihan bahan bakar. 
 
"Namanya Dexlite," kata Direktur Pemasaran Pertamina, Ahmad Bambang sebagaimana dikutip dari VIVA.co.id, Kamis (17/3/2016).
 
Perusahaan pelat merah ini menyiapkan tiga pilihan nama untuk bahan bakar minyak (BBM) untuk solar baru ini. Ketiganya adalah solarlite, diesellite, dan dexlite. Pilihan terakhir ini yang dipilih oleh Pertamina untuk solar terbarunya.
 
Ahmad melanjutkan, kandungan cetane (CN) dexlite sebesar 51 berada di antara kandungan CN biosolar dengan Pertamina dex  yang masing-masing 48 dan 53.
 
"Kandungan sulfur solar/biosolar 3.000-3.500 ppm, dex 300 ppm, dan dexlite 1000-1.200 ppm. Emisi jauh lebih bagus, bertenaga, dan efisien," kata dia.
 
Saat ini, kata Ahmad, BUMN ini menunggu proses perizinan niaga yang akan dikeluarkan Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. 
 
"(Sementara) izinnya masih proses, uji coba dan persiapan infrastruktur jalan terus," kata dia. (max/viva)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri