Sudah Diproses, Bantuan ADD Rohul Tahap Satu Diperkirakan Cair di Pertengahan Puasa

Sudah Diproses, Bantuan ADD Rohul Tahap Satu Diperkirakan Cair di Pertengahan Puasa

PASIRPENGARAIAN - Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Suharman Nasution‎ S.Pi, mengaku instansinya telah menerima usulan pencairan bantuan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahap I (satu) tahun 2019.

Suharman menerangkan besaran ADD tahap pertama bersumber dari APBD Rokan Hulu 2019 yang akan diproses untuk pencairan sebesar 20 persen atau sekira Rp20 miliar, sesuai pengajuan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD) Kabupaten Rokan Hulu.

Pria yang pernah menjabat Kabag Humas Setdakab Rokan Hulu menuturkan total bantuan ADD untuk 139 desa yang dianggarkan di dalam APBD Rokan Hulu tahun 2019 sekira Rp102 miliar.

"Besaran bantuan ADD diambil dari 10 persen total penerimaan Dana Perimbangan yang diterima Pemkab Rokan Hulu tahun ini," jelas Suharman, belum lama ini.

Pria yang juga pernah menjabat Camat Bangun Purba ini mengaku bantuan ADD tahap satu yang diprioritaskan untuk biaya operasional desa, dan penghasilan tetap kepala desa serta para perangkat desa saat ini masih dalam tahap proses administrasi pencairan.

BPKAD Rokan Hulu, sambung Suharman, segera proses pencairan bantuan ADD tahap satu tahun 2019 sekira Rp20 miliar untuk disalurkan kepada 139 desa tersebar di 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Rokan Hulu, sebagai penerima bantuan ADD.

"Diperkirakan, paling lambat minggu pertengahan puasa sudah ditransfer ke rekening desa masing-masing," ujarnya.

Suharman menuturkan penyaluran bantuan ADD dilakukan tiga tahap pencairan. Tahap pertama sebesar 20 persen, sedangkan pencairan untuk ADD tahap kedua dan tahap ketiga masing-masing sebesar 40 persen.

Selain itu, tambah Suharman, besaran bantuan ADD bersumber dari APBD Rokan Hulu yang diterima 139 desa jumlahnya juga bervariasi, disesuaikan dengan luas desa, jumlah penduduk, potensi desa, dan faktor lainnya.

Suharman mengaku BPKAD Rokan Hulu saat ini masih melakukan pengecekan kelengkapan administrasi untuk pencairan bantuan ADD tahap pertama yang segera disalurkan kepada 139 desa penerima.

Setelah diterbitkan SP2D, BPKAD Rokan Hulu akan langsung mengusulkan ke bank yang telah ditunjuk untuk diproses pencairan bantuan ADD tahap pertama tersebut. Dan pihak bank yang akan mentransfer ke rekening pemerintah desa penerima.

Selain bantuan ADD, ungkap Suharman, Pemkab Rokan Hulu juga telah menstransfer pencairan bantuan Dana Desa atau DD tahap pertama bersumber dari APBN 2019 sebesar 20 persen langsung ke rekening pemerintah desa penerima.

"Artinya, bantuan DD tahap satu sudah masuk ke rekening 139 pemerintah desa penerima," pungkas Kepala BPKAD Rokan Hulu, Suharman.


Berita Lainnya

Index
Galeri