Loading...
EKONOMI

Duh! Harga Bawang Putih di Pekanbaru Melambung Hingga Rp80 Ribu Perkilo

PEKANBARU - Kenaikan harga bawang putih sudah sangat memprihatinkan. Pasalnya, harga komoditi ini mencapai Rp80 ribu perkilo. 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut menyebut, kenaikan harga bawang putih ini memang signifikan. 

"Bahkan kemaren kita pantau harganya sudah mendekati Rp80 ribu perkilo. Ini kan saya pikir sebuah hal yang luar biasa," kata Ingot, Rabu (8/5/2019). 

Loading...

Ia menyebut, pihaknya sudah berkoordinasi dengan bulog untuk membicarakan kenaikan harga sembako termasuk bawang putih. Menurutnya, untuk bawang putih, sebenarnya pemerintah sudah memiliki stok di beberapa perusahaan swasta.

"Kita sudah koordinasikan dengan bulog, karena instrumen pemerintah itu kan bulog untuk lakukan stabilisasi. Ternyata stok bawang putih yang disiapkan pemerintah itu ada di beberapa perusahaan swasta yang ditunjuk oleh kementerian perdagangan," jelasnya. 

Kata dia, kenaikan dipicu oleh beberapa faktor, yaitu faktor psikologis Ramadan dan isu psikologis kelangkaan bawang putih itu sendiri yang ditiupkan oleh beberapa pihak yang berkepentingan. 

"Operasi pasar kita yang belum terlaksana, baru terlaksana sekali dan jumlahnya sangat terbatas sehingga pengaruhnya dalam stabilitas harga belum terlalu besar," jelasnya. 

Ia berharap, selama Ramadan ini pemerintah dalam hal ini kementerian dan bulog melaksanakan operasi pasar. "Kita berharap dari Kementerian dan bulog melaksanakan operasi pasar sehingga, bisa kita intervensi," kata dia. 



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video