Mudah-mudahan Kita Tak Termasuk, Inilah 3 Golongan Manusia yang Paling Dibenci Allah SWT

Mudah-mudahan Kita Tak Termasuk, Inilah 3 Golongan Manusia yang Paling Dibenci Allah SWT

Dalam hadis riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim yang berasal dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah Saw bersabda bahwa jika Allah Swt membenci seorang hamba.

Dia memanggil Jibril dan berfirman, “Sesungguhnya Aku membenci si fulan, maka bencilah dia sehingga Jibril pun membencinya.” Rasulullah bersabda, “Lalu, Jibril menyeru penduduk langit, ‘Sesungguhnya Allah membenci si fulan, maka bencilah dia.’” Penduduk langit pun membenci si fulan, kemudian dia pun dibenci penduduk bumi.

Terkait hadis di atas, Quraish Shihab dalam tafsirnya menjelaskan bahwa siapa saja yang telah terusir dari kasih sayangnya maka tidak ada seorang pun yang dapat menghormati orang tersebut.

Hal tersebut karena hamba itu telah melakukan hal-hal yang dibenci Allah dan tidak mengikuti ajaran yang telah disampaikan lewat Rasul-Nya. Karena itu Allah berfirman:

Apakah kamu tiada mengetahui, bahwa kepada Allah bersujud apa yang ada di langit, di bumi, matahari, bulan, bintang, gunung, pohon-pohonan, binatang-binatang yang melata dan sebagian besar daripada manusia? Dan banyak di antara manusia yang telah ditetapkan azab atasnya. Dan barangsiapa yang dihinakan Allah maka tidak seorangpun yang memuliakannya. Sesungguhnya Allah berbuat apa yang Dia kehendaki.(QS. Al-Hajj: 18)

Abu Laist Samarqandi menyebutkan dalam kitab Tanbihul Ghafilin, terdapat tiga golongan hamba yang paling Allah benci, dan Allah akan lebih benci lagi jika mereka melakukan hal berikut ini

Pertama, Allah membenci orang yang fasik dan lebih benci terhadap orang yang telah menginjak usia senja tapi ia tetap melakukan kefasikan.

Kedua, Allah membenci orang yang pelit dan lebih benci lagi jika ia diberikan limpahan kekayaan tapi tetap pelit. Padahal harta yang diberikan Allah padanya hanyalah titipan, Dia bisa mencabutkanya kapanpun.

Ketiga, Allah membenci orang yang sombong dan lebih benci lagi terhadap orang yang miskin tapi tetap sombong.


Berita Lainnya

Index
Galeri