Kalau Mau Panjang Umur, Hindari 7 Makanan Ini!

Kalau Mau Panjang Umur, Hindari 7 Makanan Ini!

Siapa sih yang nggak ingin panjang umur dan hidup sehat sampai tua? Sayangnya, jika menerapkan gaya hidup yang tidak sehat, kemungkinan besaar kita tidak akan bisa panjang umur.

Kita juga akan lebih rentan untuk sakit-sakitan atau bahkan mati muda akibat penyakit. Demi mencegahnya, kita tentu harus menjaga gaya hidup sehat, khususnya dalam hal menerapkan pola makan yang baik.

Pakar kesehatan menyebut apa yang kita makan bisa memberikan pengaruh besar bagi kesehatan tubuh. Hal ini berarti, jika kita mengonsumsi makanan yang sehat, maka kita pun akan mencegah datangnya penyakit berbahaya.

Berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya kita hindari jika ingin panjang umur:

1. Daging olahan

Daging olahan terdiri dari sosis, nugget, hot dog, hamburger, daging asap, dan lain-lain. Kebanyakan daging olahan memiliki rasa yang nikmat dan praktis untuk diolah. Sayangnya, sudah menjadi rahasia umum jika daging olahan tinggi kandungan lemak dan kolesterol jahat sehingga jika sering dikonsumsi, bisa memicu datangnya berbagai macam masalah kesehatan, khususnya penyakit kardiovaskular.

Daging olahan juga biasanya tinggi garam. Masalahnya adalah konsumsi garam dengan berlebihan bisa memicu hipertensi atau tekanan darah tinggi. Salah satu penyebab dari datangnya penyakit berbahaya.

2. Gorengan

Gorengan termasuk dalam camilan yang paling digemari oleh siapa saja di Indonesia. Rasanya yang renyah dan hangat sangat nikmat untuk dikonsumsi kapan saja. Masalahnya adalah gorengan ini tinggi kalori dan lemak trans, apalagi jika gorengan ini diolah dengan minyak yang sudah dipakai berulang kali. Kandungan lemak jahat dan kolesterolnya sangat tinggi sehingga akan meningkatkan risiko terkena serangan jantung dan stroke.

Beberapa jenis gorengan juga diberi tambahan MSG demi membuat rasanya menjadi lebih sedap. Padahal, MSG tinggi natrium dan bisa menyebabkan kenaikan tekanan darah.

3. Makanan cepat saji

Sebagaimana gorengan, makanan cepat saji juga digemari oleh semua orang karena rasanya yang enak. Padahal, di dalam makanan cepat saji tinggi kandungan garam, kalori, dan lemak jahat. Sering mengonsumsinya bisa memicu datangnya obesitas, diabetes, penyakit kardiovaskular, dan berbagai masalah kesehatan lainnya yang berpotensi menyebabkan kematian dini.

4. Minuman bersoda

Minuman bersoda, minuman energi, dan minuman rasa-rasa lainnya biasanya tinggi kandungan gula. Selain bisa membuat berat badan naik, terlalu banyak mengonsumsi gula juga bisa menyebabkan kenaikan risiko diabetes. Selain itu, jika kita sering mengonsumsi kopi sachetan dan teh botolan, risiko untuk terkena masalah kesehatan yang sama juga meningkat mengingat di dalamnya juga biasanya sudah diberi tambahan gula yang tinggi.

5. Makanan manis

Makanan manis seperti donat, kue, biskuit, hingga jajanan yang tinggi gula lainnya memang sangat nikmat untuk dikonsumsi kapan saja. Banyak orang yang bahkan sampai ketagihan mengonsumsi makanan manis. Masalahnya adalah terlalu sering mengonsumsinya bisa meningkatkan risiko terkena stroke, diabetes, dan serangan jantung.

6. Jeroan

Jeroan seperti usus dan hati cukup sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Masalahnya adalah kandungan kolesterol di dalamnya cenderung sangat tinggi. Sering mengonsumsinya tentu akan menyebabkan datangnya penyakit kardiovaskular. Selain itu, jeroan biasanya tinggi kandungan purin yang bisa memicu datangnya penyakit asam urat, salah satu penyebab dari datangnya gangguan ginjal.

7. Daging bakar

Daging bakar biasanya memang memiliki rasa yang enak. Sayangnya daging ini biasanya memiliki kandungan karsinogenik yang bisa menyebabkan datangnya kanker, salah satu penyakit yang paling mematikan di seluruh dunia.


Berita Lainnya

Index
Galeri