Inilah Tiga Golongan Hamba yang Paling Disukai Allah SWT, Anda Termasuk?

Inilah Tiga Golongan Hamba yang Paling Disukai Allah SWT, Anda Termasuk?

Dalam hadis riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim yang berasal dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Sesungguhnya Allah Swt bila mencintai hamba-Nya memanggil Jibril seraya berfirman, ‘Sesungguhnya Aku mencintai si fulan, maka cintailah dia.’” Rasulullah bersabda, “Maka, Jibril pun mencintai si fulan.” Lalu, Jibril menyeru semua penduduk langit, “Sesungguhnya Allah mencintai si fulan.” Nabi bersabda, “Maka, si fulan dicintai penduduk langit dan dia pun diterima oleh penduduk bumi.”

Quraish Shihab menjelaskasn dalam tafsirnya, agar disukai oleh Allah setiap hamba berlomba-lomba untuk melakukan amal saleh yang Allah suka, seperti melakukan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Hal itu akan membuat Allah mencintai hamba tersebut dan memberikannya pahala, yaitu melalui pemberian karunia dan pemaafan kesalahan-kesalahannya. Sebagaimana dalam firman Allah berikut ini:

Katakanlah: “Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu”. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.(QS. Ali Imran: 31)

Abu Laist Samarqandi menyebutkan dalam kitab Tanbihul Ghafilin, terdapat tiga golongan hamba yang paling Allah suka, dan Allah akan lebih suka lagi jika mereka melakukan hal berikut ini

Pertama, Allah menyukai orang yang bertakwa dan lebih suka lagi terhadap anak muda yang bertakwa. Rasulullah menyembutkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim, bahwa pemuda yang tumbuh dalam ketaatan untuk beribadah termasuk satu dari tujuh golongan yang akan mendapatkan naungan di hari kiamat kelak.

Kedua, Allah sangat menyukai orang yang dermawan dan lebih suka lagi terhadap orang yang tetap dermawan meskipun dia miskin. Sebab Allah benar-benar menyukai hamba-Nya yang menafkahkan hartanya, baik di waktu lapang maupun sempit. (QS. Ali Imran; 134)

Ketiga, Allah sangat menyukai orang yang rendah hati dan lebih suka lagi terhadap orang yang tetap rendah hati meskipun dia kaya. Itu menunjukkan bahwa hamba tersebut jauh dari sikap sombong sebab ia sadar bahwa segala sesuatu yang dia miliki hanyalah titipan dari Allah Swt semata.

Demikian tiga golongan hamba yang paling Allah suka, semoga kita termasuk dalam golongan tersebut. Amiin. Wallahu’alam


Berita Lainnya

Index
Galeri