Loading...
PARLEMEN

DBH Masih Tunda Salur, DPRD Riau Tagih Pusat

PEKANBARU - Wakil Ketua DPRD Riau Noviwaldy Jusman angkat bicara terkait pusat yang tak kunjung mencairkan Dana Bagi Hasil (DBH) Triwulan IV tahun 2017.

Untuk diketahui, total dana yang belum dibayarkan tersebut mencapai Rp 1,7 triliun dengan pembagian Rp337 Miliar dan lebihnya dibagikan kepada 12 kabupaten kota di Riau.

Lembaga DPRD, kata Noviwaldy, meminta Pemerintah Pusat bisa konsisten memenuhi janji untuk mentransfer Dana Bagi Hasil (DBH) tersebut.

Loading...

"Pemerintah pusat harus konsisten, hak daerah ya diberikan dong. Bukan ditahan dan dipakai," tegas Dedet sapaan akrab Noviwaldy.

Politisi Demokrat ini mengatakan, Pemprov Riau dan Pemkab/kota banyak menunda beberapa kegiatan akibat tidak dibayarkannya DBH yang sudah hampir dua tahun belum dibayarkan tersebut.

"Kita juga menahan pelaksanaan kegiatan dua tahun ini. Kontraktor juga banyak yang tunda bayar, tunjangan pegawai dan honorer kita lagi," kata Politisi Demokrat ini.

Lebih lanjut, kata Dedet pada kunjungan DPRD Riau di tahun 2018 lalu untuk menjemput DBH 2018, Kementerian Keuangan berkomitmen untuk membayarkan DBH 2017 ini pada awal tahun 2019. Untuk itu janji tersebut kini diminta untuk direalisasikan.

"Kita berharap pemerintah pusat membayarkan kurang bayar ini pada awal tahun 2019 ini," tukasnya.

Seperti yang diberitakan Cakaplah.com sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan mengumpulkan sekretaris daerah kabupaten/kota se-Riau untuk membahas langkah 'jemput bola' Dana Bagi Hasil (DBH) triwulan empat tahun 2019 sebesar Rp1,7 triliun yang mengalami tunda salur.

Informasi ini disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Ahmad Hijazi, saat dikonfirmasi Cakaplah.com terkait kejelasan DBH Riau tahun 2017 yang mengalami tunda salur.

"Mungkin nanti seizin pak gubernur, saya rapat dengan teman-teman Sekda Kabupaten/Kota. Jadi mana yang belum diselesaikan DBH 2017, kita akan urus lagi ke pusat," katanya, Sabtu (26/4/2019).



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video