Sering Dianggap Biang Bau Badan, Ternyata Keringat Punya Manfaat Kesehatan Luar Biasa

Sering Dianggap Biang Bau Badan, Ternyata Keringat Punya Manfaat Kesehatan Luar Biasa

Keringat pada tubuh manusia diproduksi oleh kelenjar keringat sebagai usaha tubuh dalam menyesuaikan diri dengan suhu lingkungan sekitar. Sayangnya, banyak orang menganggap berkeringat membuat tubuh jadi bau, lengket dan tak nyaman. Keringat bukan menimbulkan masalah, melainkan baik bagi kesehatan.

Meski terlihat sepele, apakah kamu tahu fungsi keringat bagi kesehatan tubuh? Berikut ini adalah manfaat berkeringat yang bisa kamu dapatkan, di antaranya:

1. Menjaga kesehatan kulit

Mengutip dari doktersehat.com, keringat mengandung sejumlah kecil antibiotik yang dapat melawan bakteri yang ditemukan secara alami pada kulit. Manfaat berkeringat juga dapat membersihkan pori-pori sehingga membuat kulit terlihat cerah dan halus. Banyak berkeringat juga dapat memperlambat tanda-tanda penuaan dini dan mengurangi efek kerusakan kulit.

2. Memperlancar sirkulasi darah

Fungsi keringat lain yang juga tidak kalah penting adalah membantu meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah. Ketika tubuh memanas dan mengeluarkan keringat, jantung bekerja lebih keras untuk meningkatkan sirkulasi darah. Mekanisme ini bermanfaat bagi kesehatan jangka panjang.

3. Menjaga suhu tubuh

Jika cuaca sangat panas maka tubuh akan otomatis bereaksi untuk mengeluarkan keringat. Kebanyakan orang justru menjadi panik karena akan merusak penampilan atau membuat tubuh menjadi bau. Padahal hal tersebut merupakan salah satu reaksi alamiah tubuh untuk selalu menjaga suhu tubuh agar tetap dingin.

4. Mengeluarkan racun

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa keringat mengandung berbagai jenis senyawa, termasuk sejumlah kecil logam yang berpotensi beracun, seperti kadmium, aluminium, dan mangan.

Ini adalah alasan utama mengapa berkeringat dianggap sebagai detoxicant (penetralisir zat beracun). Perlu diketahui, 2 hingga 5 juta kelenjar keringat di kulit manusia dapat memainkan peran penting dalam menghilangkan banyak zat beracun yang ada di tubuh.

5. Melancarkan peredaran darah

Tentunya kamu sering memperhatikan kulit kamu sering memerah ketika berkeringat. Jangan khawatir karena itu adalah reaksi alamiah ketika proses berkeringat justru membantu memperlancar peredaran darah di kulit sehingga kulit terlihat memerah.


Berita Lainnya

Index
Galeri