Ini Dampak Buruk yang Akan Kamu Dapat Jika Makan Alpukat Berlebihan

Ini Dampak Buruk yang Akan Kamu Dapat Jika Makan Alpukat Berlebihan

Salah satu buah yang paling baik bagi kesehatan tubuh adalah alpukat. Buah dengan rasa gurih ini disebut-sebut bisa membantu menurunkan berat badan dan menyehatkan jantung dan pembuluh darah.

Hanya saja, bukan berarti kita bisa mengonsumsi alpukat sebanyak-banyaknya demi membantu tubuh tetap sehat. Mengonsumsi alpukat dengan berlebihan juga bisa memberikan dampak buruk.

Dampak buruk makan alpukat berlebihan

Alpukat tinggi kandungan asam lemak tak jenuh tunggal yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, kandungan vitamin E di dalamnya juga sangat tinggi sehingga akan membuat proses regenerasi sel berjalan dengan lancar. Masalahnya adalah alpukat juga termasuk dalam buah dengan kandungan kalori yang tinggi.

Di dalam satu buah alpukat, kita bisa mendapatkan sekitar 240 kalori. Hal ini berarti, mengonsumsinya sudah memenuhi sekitar 10 hingga 20 persen kebutuhan kalori harian. Jika kita mengonsumsinya dengan berlebihan, dikhawatirkan akan membuat asupan kalori berlebihan dan justru membuat berat badan meningkat.

Seberapa banyak asupan alpukat yang aman?

Pakar kesehatan menyebut makan satu buah alpukat dalam sehari sudah dianggap sebagai porsi yang berlebihan. Karena alasan inilah alpukat lebih disarankan sebagai tambahan makanan lainnya seperti topping salad atau selai roti saja.

Hanya saja, jika kita memang ingin makan alpukat secara utuh, konsumsilah sekitar setengah buah alpukat saja. Porsi ini dianggap aman karena hanya akan menyediakan 120 kalori.

Kita juga sebaiknya mengombinasikan alpukat dengan makanan sehat lain seperti sayur, buah-buahan, gandum utuh, atau roti gandum demi membuat tubuh tetap sehat.


Berita Lainnya

Index
Galeri