JCH Kabupaten Rohil 2019 Mulai Ikuti Manasik Haji

JCH Kabupaten Rohil 2019 Mulai Ikuti Manasik Haji

BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir, Provinsi Riau, melaksanakan manasik haji tahun 2019 bagi 245 Jamaah Calon Haji (JCH) asal kabupaten tersebut di Gedung Pertemuan H. Misran Rais Bagansiapiapi, Kamis (25/4/2019).

"Kita berharap kepada para JCH agar tetap selalu menjaga kesehatan, jaga pola makan dan minuman. Ikuti panduan-panduan ibadah haji tersebut dengan sungguh-sungguh, karena nantinya menjadi pedoman dalam melaksanakan ibadah haji di tanah suci Makkah," kata Wakil Bupati Rokan Hilir, Jamiludin usai membuka kegiatan manasik haji.

Wakil Bupati juga mengimbau kepada para petugas haji agar senantiasa bekerja sesuai dengan peraturan yang berlaku, serta petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh Kementerian Agama (Kemenag) dan Pemkab Rokan Hilir.

Sementara Kasi Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh Kemenag Rokan Hilir, Hasbullah mengatakan, kegiatan manasik haji ini telah dimulai sejak 24 hingga 28 April 2019.

"Materi yang disampaikan dalam manasik haji itu yakni kebijakan pemerintah dalam penyelenggaraan ibadah haji, kebijakan pelayanan kesehatan dan ilmu manasik," katanya.

Kemenag Rokan Hilir, kata Hasbullah, nantinya juga akan melaksanakan manasik haji, dimana melakukan manasik sepuluh kali pertemuan.

"Dua pertemuan di kabupaten dan delapan pertemuan di masing-masing kecamatan. Insya Allah ini akan dilaksanakan setelah lebaran, karena kita masih menunggu aturan teknis dari Kementerian Agama Pusat," ujarnya.

Ia menambahkan, untuk JCH Rokan Hilir yang terbanyak tahun ini yakni dari Kecamatan Bagan Sinembah. "Tahun ini yang tak ada utusannya dari Kecamatan Pasir Limau Kapas, Sinaboi dan Batu Hampar, kecamatan lain semuanya ada," katanya.


Berita Lainnya

Index
Galeri