Kabar Gembira! Pelajar di Pulau Bengkalis dan Rupat Berkesempatan Ikuti Beasiswa Afirmasi Kemen Ristek Dikti

Kabar Gembira! Pelajar di Pulau Bengkalis dan Rupat Berkesempatan Ikuti Beasiswa Afirmasi Kemen Ristek Dikti

BENGKALIS - Kabar gembira, disiapkan tempat 11-15 orang pelajar terbaik berada di wilayah terdepan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yakni Pulau Bengkalis dan Pulau Rupat untuk menjadi peserta Program Beasiswa (BS) Pendidikan Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) yang diluncurkan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristek Dikti) Republik Indonesia 2019. 

Program BS ADik tersebut untuk memberikan kesempatan belajar di perguruan tinggi (PT) bagi lulusan sekolah menengah atas (SMA) sederajat yang memiliki potensi akademik, tetapi memiliki keterbatasan akses.  

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bengkalis Edi Sakura, S.Pd, M.Pd melalui Kepala Sub Bagian (Kasubag) Penyusunan Program, Syafrizal mengatakan, bahwa program yang diluncurkan Ristekdikti ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi lulusan SMA sederajat.  

Pemerintah Indonesia menyadari bahwa pemerataan akses pendidikan tinggi sangat penting dalam upaya mencerdaskan bangsa serta untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang cerdas dan kompetitif. Oleh karena itu, pemerintah melakukan peningkatan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi melalui upaya afirmasi pendidikan. 

Dan, melalui program tersebut, untuk membantu perguruan tinggi mencari dan menjaring calon mahasiswa dari daerah Papua dan Papua Barat serta daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T). "Alhamdulillah Kabupaten Bengkalis kita diberi peluang untuk anak-anak di Pulau Bengkalis dan Pulau Rupat," kata Syafrizal, Senin (23/4/2019) kemarin. 

Untuk mengikuti ADik, peserta harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Antara lain, kata Syafrizal, pelajar lulusan tahun pelajaran dari 2017/2018 dan 2018/2019, pelajar dari daerah terdepan NKRI, juga anak dari Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari wilayah perbatasan. Kemudian, peserta wajib memilih perguruan tinggi di luar provinsi asal atau domisili, mengikuti seleksi atau tes. 

Pendaftaran melalui sistem ADik  dimulai 29 April-30 Mei 2019, untuk wilayah 3T, masing-masing kabupaten/kota menyiapkan maksimal 40 peserta UTBC yang telah didaftarkan secara online di sistem ADik. Untuk Kabupaten Bengkalis, akan dapat kuota berkisar 11 hingga 15 orang setelah seleksi. 

"Bagi pelajar dari Pulau Bengkalis dan Pulau Rupat yang berminat bisa menghubungi 085265796807 untuk informasi lebih lanjut dan pendaftarannya. Dan dapat mengirimkan email, agar nanti dikirimkan Form dan Perguruan Tinggi yang telah ditentukan mengikuti Program BS ADik ini," kata Syafrizal lagi seraya menyebutkan masih menunggu petunjuk teknis (Juknis) dari Ristek Dikti.


Berita Lainnya

Index
Galeri