Loading...
SERBA-SERBI

Menurut Al-Quran, 11 Sosok Ini Dipastikan Masuk Neraka di Hari Kiamat

Kehidupan dunia adalah fase kedua dari semua tahapan yang akan dilalui oleh seorang manusia. Semua yang hidup dan bernyawa di dunia ini akan kekal dan hidup di alam bernama akhirat kelak. Nah, ketika berada di alam tersebut kita harus memilih antara dua, Surga atau Neraka.

Dalam agama islam, seorang Muslim semuanya kelak akan dimasukkan ke dalam surga. Ya, walaupun sebagai tiket masuk surga, kita juga akan disiksa di dalam neraka terlebih dahulu sesuai dengan amal perbuatan jahat yang dilakukan di dunia. Tapi, ada loh nama yang sudah dituliskan sebagai penghuni kekal neraka. Siapakah mereka? Siap-siap simak ulasannya di bawah ini ya!

Qabil anak Nabi Adam AS

Loading...

Kamu tentu pernah mendengar nama Qabil, sang anak Nabi Adam yang membunuh saudaranya sendiri bukan? Qabil berseteru dengan saudaranya Habil hanya karena persoalan berebut pasangan hidup yang lebih cantik. Namun, saat disuruh mendekatkan diri kepada Allah dengan syarat qurban untuk mendapatkan sang pujaan, Qabil malah memberi hasil tani yang buruk. Hal itu membuat hasil qurban Qabil tidak diterima, sehingga iri hati membuat ia membunuh saudaranya.

Menurut perkataan Nabi Muhammad, setiap dosa pembunuh dari dulu, dosanya juga ikut ditanggung oleh Qabil karena ia pertama kali mencontohkan perbuatan keji tersebut. Hal ini dijelaskan sendiri dalam Al-Quran (Al Baqarah:29) jika Qabil kelak akan masuk dalam neraka.

Qarun, orang kaya zaman Nabi Musa AS

Saat mendengar harta Qarun atau Karun, yang terlintas di benak kita adalah harta terpendam di dalam tanah tanpa ada pemiliknya. Ya, karena cerita ini bermula dari kisah seorang kaya raya zaman Nabi Musa. Dalam sebuah riwayat Ibnu Abbas, Qarun diceritakan adalah sepupu Nabi Musa yang sebelumnya taat beribadah tetapi hidup memprihatinkan. Kepada Nabi Musa ia meminta didoakan untuk menjadi orang yang berkecukupan. Doa tersebut terkabul, Qarun menjadi miliarder kaya, yang membawa kunci hartanya saja butuh 70 orang dengan mengendarai unta.

Sayang, kekayaan membuat ia gelap mata dan menjadi budak dunia. Qarun lupa pada Allah dan terus menyombongkan diri atas hartanya. Bahkan, ia tak segan menantang Musa untuk mendoakan kebinasaannya. Saat itulah azab Allah datang, ia beserta hartanya ditenggelamkan ke dalam perut bumi dan disebut akan menjadi penghuni neraka, sesuai dengan pernyataan Al-Quran (QS. Al-Ankabut ayat 39).

Fir’aun, sang Raja Mesir yang mengaku Tuhan

Fir’aun adalah nama pembangkang lain di zaman Nabi Musa AS. Ia adalah Raja Mesir yang terkenal sangat kejam, secara nyata menolak kebenaran yang dibawa oleh Musa dan mengaku dirinya sebagai Tuhan yang esa dan wajib disembah. Cerita tentang Fir’aun dijelaskan dengan sangat gamblang dalam Al-Quran. Dimulai ketika ia memerintahkan untuk membunuh setiap bayi lelaki yang lahir, mengadopsi Musa AS, hingga menjadi musuh besar Nabi Musa saat sang nabi sudah mendapat wahyu dari Allah.

Karena kesombongannya itulah, Fir’aun ditenggelamkan di laut merah bersama para pengikutnya. Jasadnya kemudian utuh dan dijadikan sebagai pelajaran bagi semua umat manusia, bahwa siapapun yang menentang Allah akan menerima azabnya. Tak sampai di situ, Al-Quran menjelaskan kelak Fir’aun akan menjadi salah satu dari banyak penghuni abadi di neraka (QS. Ghafir: 46).

Abu Lahab dan Istrinya Ummu Jamil (Paman dan Bibi Rosulullah SAW)

Menjadi paman manusia paling mulia tak lantas membuat Abu Lahab dikenal sebagai orang baik. Ia bahkan menjadi penentang utama setiap dakwah yang disampaikan oleh Muhammad SAW. Semua usaha dilakukan Abu Lahab untuk melawan, bahkan mencelakai keponakannya. Ia juga menggandeng istrinya, Ummu Jamil untuk turut serta melakukan sejumlah aksi. Perempuan tersebut sengaja menaruh kayu dan tumbuhan berduri di jalan yang biasa dilewati Rasulullah SAW agar beliau celaka.

Ummu Jamil juga terkenal sebagai wanita yang gemar mengadu domba, sehingga sangat cocok disandingkan dengan Abu Lahab yang sangat buruk kelakuannya. Akhir hayatnya Abu Lahab meninggal dengan sangat buruk. Sekujur tubuhnya dipenuhi bisul dan ia mati terlantar serta tak ada yang mengurus jenazahnya. Nama Abu Lahab dan Istrinya diabadikan dalam Al-Quran  (Al-Lahab) –satu surah khusus bahkan–. Keduanya disebut dengan jelas sebagai orang yang celaka dan akan masuk ke dalam neraka.

Selain 5 nama di atas, sebenarnya masih ada beberapa lagi yang secara jelas disebut oleh Al-Quran. Mereka adalah Haman (tangan kanan Fir’aun), Kan’an (Putra Nabi Nuh), Namrud (musuh Nabi Ibrahim), Istri nabi Luth dan Nabi Nuh, serta Azar (ayah Nabi Ibrahim AS). Mereka dipastikan terkena azab neraka karena kelukan buruk mereka selama di dunia. Ya, semoga kita semua selamat dari pedihnya azab neraka, ya, Sahabat.



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video