Loading...
SERBA-SERBI

Hobi Membunyikan Sendi? Ini 5 Bahaya yang Akan Terjadi Padamu

Sebagian besar orang memiliki kebiasaan untuk membunyikan sendi tubuh ketika tubuh terasa pegal setelah beraktivitas. Baik itu jari-jari tangan hingga tulang di leher.

Membunyikan sendi hingga terdengar 'kretek' memang bentuk dari pergangan otot. Namun, kebiasaan ini dinilai berbahaya jika dilakukan secara berlebihan dan sesering mungkin. Apa saja bahaya yang bisa menghampiri?

1. Hilangnya kontrol persendian

Loading...

Membunyikan persendian bisa mengakibatkan bagian tangan dan kaki sulit diperintahkan oleh otak. Agar bergerak, ruas jari membutuhkan syaraf atau rangsangan dari otak sebagai pusat komando.

Jika otak gagal melakukannya, persendian akan susah digerakkan dan akan seperti robot yang kaku.

2. Rapuhnya tulang rawan

Membunyikan bagian ruas jari bisa merangsang keluarnya cairan sinovial yang akan berubah menjadi udara. Jika kebiasaan ini dilakukan terus menerus tentu tidak baik karena dapat merapuhkan hingga menghancurkan tulang-tulang rawan di dalamnya.

3. Bergesernya bantalan sendi tulang belakang

Membunyikan persendian tulang punggung bisa menyebabkan penekanan pada sumsum tulang belakang dan syaraf perifer yang keluar dari ruas tulang belakang. Maka akan terjadi pergeseran bantalan sendi antar tulang belakang.

4. Persendian menjadi aus

Jika kebiasaan ini dilakukan terus menerus maka berpotensi menyebabkan persendian mengalami keausan. Jika dibiarkan dalam jangka panjang bisa menyebabkan osteoarthritis (OA) atau sejenis peradangana pada sendi kronis.

5. Kekuatan tangan melemah

Kebiasaan ini akan membuat persendian membesar disertai dengan melemahnya kekuatan tangan.



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video