Awas! Ada Bahaya yang Mengintai di Balik Manisnya Permen Karet

Awas! Ada Bahaya yang Mengintai di Balik Manisnya Permen Karet

Siapa sih yang tak tahu permen karet? Permen yang manis dengan teksturnya yang kenyal ini biasanya dikonsumsi saat bosan ataupun menjadi teman ketika sedang dalam perjalanan.

Namun dibalik manisnya mengunyah permen karet, ada dampak buruk bagi kesehatan tubuhmu lho. Berikut 4 dampak buruk tersebut yang dikutip dari laman IDN Times:

1. Bikin perut kembung

Mengunyah permen karet membuat kita menelan cukup banyak air. Ketika kita menguyah permen karet terkadang tanpa disadari juga menyesapnya. Merasakan rasa permen karet tersebut. Selain itu perut akan terasa menggelembung dan tidak nyaman serta bersendawa.

2. Kandungan dalam permen

Ternyata rasa manis yang terkandung dalam permen karet berasal dari rasa manis yang sulit dicerna. Gula yang terkandung biasanya seperti gliserol dan sorbitol. Dimana tidak dicerna di usus kecil, berakhir di usus besar dan difermentasi oleh bakteri yang memproduksi gas dan kembung. Selain itu kandungan gula dalam mulut akan meningkat yang dapat mengurangi lapisan email gigi dan menyebabkan gigi menjadi rusak.

3. Dampak serius pada mulut

Apapun jenis permen karet yang dikunyah, jika terus menerus mengunyah permen karet tersebut dapat memberikan olahraga yang berat untuk rahang. Dapat menyebabkan ketegangan pada bagian rahang dan sakit kepala. Itulah mengapa kita sering merasa pegal pada bagian rahang setelah mengunyah permen karet.

4. "Menuakan" gigi

Selain merusak lapisan email gigi, mengunyah permen karet dapat membuat gigi menjadi lebih sensitif terhadap suhu dan tekanan. Berbahaya juga ternyata ya guys. Ada baiknya jika kamu masih ingin mengkonsumsi permen karet pilihlah jenis yang tidak mengandung gula.


Berita Lainnya

Index
Galeri