Hati-hati! 5 Bahaya Ini Mengancam Kamu yang Sering Makan Ikan Asin

Hati-hati! 5 Bahaya Ini Mengancam Kamu yang Sering Makan Ikan Asin

Ikan asin merupakan lauk yang kerap dikonsumsi oleh banyak orang. Meski terasa nikmat, nyatanya ikan asin bisa memberikan efek kurang baik bagi kesehatan. Apa saja?

1. Hipertensi

Tubuh membutuhkan garam dengan ambang batas 5 gram per hari. Ikan asin memiliki kandungan garam hingga 30 gram. Jika ikan asin dikonsumsi terus menerus bisa menyebabkan risiko hipertensi.

2. Tubuh membengkak

Jika terlalu sering mengonsumsi ikan asin maka bisa menyebabkan area tubuh membengkak, seperti tangan dan kaki.

Tidak menutup kemungkinan, paru-paru akan terkena imbasnya. Garam yang terlalu banyak larut dalam darah bisa menghambat proses detoksifikasi tubuh.

3. Penyakit jantung

Jumlah garam yang banyak bisa menghambat proses aliran darah dalam pembuluh darah menuju jantung. Jika aliran darah mengalami gangguan dan berjalan lambat maka bisa mengakibatkan jantung bekerja lebih keras.

4. Ancaman bahan logam berat

Garam merupakan bahan utama dalam proses pembuatan ikan asin. Proses yang tidak selamanya steril berisiko membuat ikan terkontaminasi dengan bahan logam lain dari industri yang memproduksi ikan asin tersebut.

5. Gejala stroke

Tidak hanya usia lanjut yang terkena gejala stroke, tapi orang muda yang banyak mengonsumsi kandungan garam tinggi padaikan asin juga berisiko.

Lemak jenuh di dalam ikan asin bisa mengakibatkan penyakit stroke. Lebih baik konsumsi ikan asin tidak terus menerus.


Berita Lainnya

Index
Galeri