Sebanyak 70 Pemuda-Pemudi Kabupaten Kuantan Singingi mengikuti Pelatihan Membatik Di Provinsi Sumatera Barat.

Sebanyak 70 Pemuda-Pemudi Kabupaten Kuantan Singingi mengikuti Pelatihan Membatik Di Provinsi Sumatera Barat.

TELUKKUANTAN- Sekda Kuansing DR.Dianto Mampanini memberikan apresiasi kepada Kadis Kopdagrin Azhar sebab sudah berhasil membuat terobosan kinerja, sehingga Pemkab Kuantan Singingi bisa mendapatkan pelatihan dalam upaya peningkatan keterampilan guna membuka industri mikro kecil dengan biaya pelatihan sepenuhnya ditanggung oleh pihak Kementerian Perindustrian.

"Alhamdulillah, kita tidak ada mengeluarkan biaya untuk pelatihan ini. Semua biaya sepenuhnya ditanggung oleh Kementerian melalui Balai Diklat Industri Padang. Untuk itu kami juga ucapkan terima kasih kepada Bapak Kepala Balai Diklat Industri Padang," hal itu disampaikan Sekda Kuansing Dianto Mampanini pada saat pembukaan Balai Diklat Membatik Tulis, Jumat (15/3/2019 ) di Gedung Serba Guna Kecamatan  Gunung Toar.

"Pelatihan membatik ini diselenggarakan oleh pihak Kementerian Perindustrian melalui Balai Diklat Industri (BDI) Padang, bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi", terangnya.

Sementara Kadis Kopdagrin Azhar menyebutkan, Pelatihan dengan nama Diklat 3 in 1 Batik Tulis di ikuti oleh 70 orang, ini akan berlangsung selama 18 hari, mulai dari 15 Maret hingga 4 April 2019.

"Dengan dilatihnya 70 orang pemuda dan pemudi Gunung Toar ini membatik, diharapkan akan memenuhi kebutuhan konsumen ysng akan memakai baju batik, khususnya di Kuantan Singingi", harapnya.

Azhar menambahkan, kita  ucapan terima kasih kepada seluruh kepala desa se-Kecamatan Gunung Toar yang telah mendukung kegiatan pelatihan membatik ini dengan menganggarkan pengadaan pembelian peralatan membatik dari dana APBDes pasca pelatihan membatik ini nantinya sebesar Rp 25 juta. Ia berharap Kabupaten Kuantan Singingi nantinya bisa menjadi sentra batik di Provinsi Riau khususnya dan di Sumatera umumnya.

"Apalagi sekarang Kabupaten Kuantan Singingi sudah memiliki beberapa motif batik yang sudah dipatenkan,"pungkasnya.


Berita Lainnya

Index
Galeri