Anggaran Pelayanan dan Operasional Puskemas Sudah Bisa Dicairkan

Anggaran Pelayanan dan Operasional Puskemas Sudah Bisa Dicairkan
Ilustrasi/net

PEKANBARU - Anggaran pelayanan dan oprasional di seluruh Puskemas di Pekanbaru sudah bisa dicairkan. Sejak Puskemas di Pekanbaru menerapkan pola pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) secara penuh setiap Puskemas saat ini bisa menggunakan anggaranya sendiri.

Jadi, pencairan dana untuk pelayanan dan oprasional Puskemas tidak perlu lagi menunggu persetujuan Dinas Kesehatan (Diskes) atau Walikota Pekanbaru.

"Seluruh Puskemas di Pekanbaru sudah menyelesaikan Rencana Bisnis Anggaran (RAB)nya masing-masing. Sejak diberlakukanya BLUD penuh, maka RAB cukup ditandatangani oleh Kepala Puskemas (Kapus) masing-masing," kata Kepala Bidang Layanan Sarana Prasarana Diskes Kota Pekanbaru, Rahmat Rianto, Senin (14/3/2016) di Pekanbaru.

Selanjutnya, RAB yang sudah ditandatangani oleh seluruh Kapus tersebut diserahkan ke Diskes. Selanjutnya, seluruh Puskemas sudah bisa menggunakan anggaran pelayanan dan oprasional di Puskemasnya masing-masing.

"Karena ini tahun pertama kita menerapkan BLUD penuh tentu masih kita temui kekurangan. Tapi selama setahun ini tetap kita lakukan kontrol dan terus kita evaluasi," terangnya.

Diberlakukanya BLUD penuh, lanjut Ramhat, beberapa anggaran di Puskemas sudah bisa dilakukan sendiri tanpa harus melalui persetujuan dari dinas terkait. Salah satunya seperti pengadaan obat-obatan dan perekrutan tenaga honorer sudah bisa dilakukan oleh pihak puskemas masing-masing.

"Untuk perekrutan tenaga honorer tentu harus berkoordinasi dengan BKD, tapi kalau untuk obat-obatan dan yang lainya bisa langsung dibeli oleh Puskemas yang bersangkutan tanpa harus melalui dinas kesehatan," katanya.

Sementara untuk pengadaan barang sarana dan prasarana yang dalam jumlah besar, saat ini memang belum bisa dilakukan. Sebab Perwako pengadaan barang dan jasa untuk seluruh Puskemas di Pekanbaru sedang dalam proses revisi.

"Sudah kita ajukan. Kemarian dikembalikan lagi oleh bagian pembangunan ke kita karena ada beberapa yang perlu direvisi. Sekarang masih kita lakukan revisinya," sebutnya.

Pihaknya menargetkan, dalam sepekan ini Perwako tersebut selesai dan anggaran untuk pengadaan barang di seluruh Puskemas di Pekanbaru bisa digunakan.

"Tapi untuk yang anggaran pelayanan dan oprasional sudah tidak ada masalah lagi. Hanya yang anggaran melalui proses lelang saja yang masih menunggu perwako keluar. Kita tergetkan dalam minggu ini selesai," imbuhnya. (das)


Berita Lainnya

Index
Galeri