Bupati Mursini Buka Musrenbang Kecamatan Pucuk Rantau

Bupati Mursini Buka Musrenbang Kecamatan Pucuk Rantau

TELUKKUANTAN - Bupati Kuantan Singingi Drs. H. Mursini, M.Si, Senin (11/02/2019) Pagi. Membuka secara resmi Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Pucuk Rantau Tahun 2020.

Turut mendampingi Bupati Kuansing, Wakil ketua I DPRD Kuansing Sardiyono, A.Md, Asisten I Muhjelan Arwan, SH,MH, Asisten II Wariman DW, SP,M.Si, Asisten III Dr.Agus Mandar, S.Sos,M.Si, sejumlah Kepala OPD diantaranya Kepala Bappedalitbang Ir. Maisir, Kepala Dinas PUPR Ade Fahrer, ST, Kadis Dikpora Jupirman, S.Pd, Kadis Pertanian, Ir. Emmerson, Kepala Bapenda Japrinaldi, AP. MIP, Kadis PMPTSP Drs. Linskar,  Kadis Pariwisata Dr.Indra Suandy, ST,M.Si, Kadis Dukcapil M.Refendi Zukman, S.Sos,M.Si, Kadis Perhubungan Asmari, S.Sos, berserta Para Kabag, Kabid dan kasubag/kasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi.

Sedangkan dari pihak kecamatan Pucuk Rantau hadir Camat Pucuk Rantau Herman Susilo,S.Sos.,M.Si, Sekcam Pucuk Rantau, Kepala Desa Se-Pucuk Rantau, Ketua BPD dan Anggota Se-Kecamatan Pucuk Rantau, Kepala Sekolah SD,SMP,SMA sederajat, Ketua PKK,Alim ulama, Cerdik Pandai, dan tokoh masyarakat lainnya.

Bupati Mursini pimpin secara langsung pembahasan dalam musrenbang Kecamatan Pucuk Rantau Tahun 2020, disampaikannya pelaksanaan musrenbang ini menjadi ajang silahturrahmi antara pemerintah daerah dan masyarakat dan media interaktif bagi segenap pemangku kepentingan di kecamatan untuk mengusulkan program dan kegiatan kecamatan.

"Terhadap seluruh usulan kegiatan Kecamatan Pucuk Rantau 2020, kita akan sesuaikan dengan kapasitas riil kemampuan keuangan daerah, sehingga kita harus memilih program dan kegiatan yang menjadi prioritas, baik di bidang infrastruktur dan perekonomian maupun di bidang pemerintahan dan pembangunan manusia.", urai Mursini dihadapan masyarakat Pucuk Rantau.

Dalam ekspos yang disampaikan Camat Pucuk Rantau Herman Susilo, S.Sos, M.Si, Kecamatan Pucuk Rantau sebagai kecamatan yang infrastruktur jalannya belum memadai, sudah barang tentu sangat banyak sekali yang perlu dibangun demi mensejahterakan masyarakat di segala bidang "Karena infrastruktur jalan menjadi kunci utama kami dalam meningkatkan mutu pendidikan, dan perekonomian masyarakat kami." ungkap Susilo.

Ekspos Herman Susilo pada Musrenbang Kecamatan ini, Pucuk rantau usulkan 6 prioritas lokasi desa pengaspalan jalan demi terlaksananya pembangunan jalan pemukiman yaitu ; Setiang 12 Km, Sungai Besar 3 Km, Muara Petai 6 Km, Sungai Besar Hilir 1 Km, Perhentian Sungkai 5 Km, Muara Tiu Makmur 3 Km. 

Kemudian untuk pengembangan dan pengelolaan irigasi demi tersedianya pengairan yang memadai, usulan pipanisasi irigasi Sungai Besar 200 M. Dan untuk tersedianya Kantor Pelayanan Kamtibnas, Pucuk Rantau usulkan pembangunan 2 unit Kantor Kepala Desa, yaitu Perhentian Sungkai dan Ibul.

Selain itu ditambahkan langsung beberapa usulan oleh masyarakat Pucuk Rantau, diantaranya usulan kegiatan penggemukan sapi untuk program satu orang dua ekor sapi yang sudah terbentuk kelompoknya dengan beranggotakan 25 orang. Selanjutnya Pembangunan Rumah Bidan Desa yang sudah tidak layak huni bagi bidan desa yang bertugas, dan permintaan Ambulance Puskesmas  UPTD Kesehatan Pangkalan, serta Penambahaan Tenaga Guru PNS di Sekolah Dasar demi ditingkatkannya mutu pendidikan.

Usulan yang disampaikan Camat dan masyarakat setempat pada musrenbang kecamatan 2020, mendapat respon langsung oleh Bupati Kuantan Singingi  H.Mursini dan menjadi catatan prioritas bagi OPD Terkait. Pembahasan Musrenbang di Pucuk Rantau yang bertempat di halaman Kantor Camat Pucuk Rantau ini, berlangsung penuh semangat.


Berita Lainnya

Index
Galeri