Demi APBN Tahun 2020, Bupati Mursini Jemput Bola ke Pusat

Demi APBN Tahun 2020, Bupati Mursini Jemput Bola ke Pusat

TELUKKUANTAN - Guna memperoleh anggaran APBN Tahun 2020 dari pemerintah pusat, Bupati Kuantan Singingi Drs. H.Mursini, M.Si, Rabu (9/1/2019) langsung 'jemput bola' dengan mendatangi sejumlah kementerian di Jakarta.

Bersama Bupati Mursini juga ikut serta para kepala dinas seperti Kadis PUPR Ade Fahrel, Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga Jupirman, Kadis  Perumahan dan Permukiman Burhanuddin, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Indra Suandy, Kadis Kesehatan Reza Tjahyadi dan Kepala BPKAD Hendra.

Kepada para kepala OPD tersebut Bupati Mursini memerintah mendatangi kementerian teknis terkait. Misalnya Kadis PUPR dan Perkim ke Kementrian PUPR, Kadis Kesehatan ke Kementerian Kesehatan begitu juga dengan kepala OPD yang lainnya mereka  mendatangi kementerian masing-masing dengan membawa  proposal kegiatan.

Sebelum ke Kementerian teknis tetsebut, Bupati Mursini terlebihdahulu mendatangi kantor Kementerian Koordinator Bidang  Kemaritiman RI. Di sana bupati dan rombongan disambut langsung Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. Kepada Luhut Binsar Panjaitan, Bupati Mursini menjelaskan bahwa dirinya bersama sejumlah kepala OPD datang dengan membawa sejumlah proposal kegiatan tahun anggaran 2020.

"Kami berharap kepada Menko Kemaritiman yang juga membawahi sejumlah kementerian dapat membantu Pemkab Kuansing dalam mendapatkan anggaran dari kementerian pada tahun anggaran 2020 mendatang. Karena daerah kami sangat membutuhkan anggaran tersebut," ujar Bupati Mursini kepada Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.

Terhadap permohonan yang disampaikan Bupati Mursini tersebut, Luhut Binsar Panjaitan menegaskan akan mengupayakannya semaksimal mungkin. "Masukkan saja proposal anggaran dan kegiatannya terlebihdahulu, kami akan mengupayakannya semaksimal mungkin," tegas Luhut Binsar Panjaitan.

Lebih jauh dijelaskan, Bupati Mursini bahwa sejumlah kegiatan yang telah dibuat dan diusulkan  OPD antara lain dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan adalah pengembangan objek wisata Danau Masjid Koto Kari, permohonan pengadaan perahu bermotor sebagai sarana transportasi menuju air terjun tujuh tingkat Batang Koban di Lubuk Ambacang dan usulan tropi bergilir piala presiden even pacu jalur tradisional Teluk Kuantan. 

"Selama ini pacu jalur tradisional kita memperebutkan piala Menteri Pariwisata, tahun depan kita upayakan agar even yang kita banggakan ini untuk memperebutkan piala bergilir Presiden RI," ujar Bupati Mursini.

Kemudian dari Dinas Perkim, usulan kegiatan yang disampaikan adalah pembangunan rumah layak huni sebanyak 7.000 unit, kemudian usulan pembangunan rusunawa 2 tower. Pembangunan rumah rawan bencana di Cerenti dan Pangean sebanyak 100 unit. Pembangunan infrastruktur agropolitan Sentajo Raya dan  Peningkatan kualitas permukiman kumuh perkotaan.

Selanjutnya dari Dinas PUPR mengusulkan kegiatan Peningkatan jalan dari Simpang Tiga menuju Pintu Gerbang Kari dan pengairan irigasi di arena Venue dayung Lubuk Jambi.

Seterusnya Dinas Pendidikan mengusulkan pembangunan arena renang, rehab stadion gor dan Pembabngunan asrama atlit. Begitu juga dengan Dinas Kesehatan antara lain telah mengusulkan revitalisasi puskesmas, pembangunan IPAL, pengadaan mobil ambulance dan pengadaan obat dan pembekalan kesehatan.

"Kesemua usulan program kegiatan yang disampaikan tersebut nilainya mencapai ratusan miliar. Kita berharap dengan semangat dan kemauan yang kuat Pemkab Kuansing akan mendapatkan anggaran pusat yang lebih besar lagi pada tahun 2020 mendatang," tutup Bupati Mursini.


Berita Lainnya

Index
Galeri