Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan PLTS Program Kementerian ESDM untuk ketiga itu Sebanyak 246 KK

Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan PLTS Program Kementerian ESDM untuk ketiga itu Sebanyak 246 KK
Bupati Bengkalis Amril Mukminin saat menyerahkan Peralatan PLTS kepada sejumlah desa secara simbolis

BENGKALIS – Sebelum Amril Mukminin menjadi Bupati Bengkalis pada tahun 2016, puluhan desa di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan masih ada yang belum dialiri listrik.

Berdasarkan data bulan Juli 2015 misalnya, ada sekitar 20 desa yang yang belum bisa menikmati listrik. Khususnya desa-desa yang berada di pedalaman.

Untuk itu, sejak menjadi orang nomor satu di daerah ini, melalui Perangkat Daerah/Unit Kerja, Bupati Amril terus berupaya dan “jemput” bola ke Pemerintah Pusat. Usulan demi usulan terus disampaikan, khususnya ke Kementerian Energi dan Sumber  Daya Mineral (ESDM).

Salah satu hasilnya adalah Kabupaten Bengkalis pada September 2018 lalu, Bupati Amril secara simbolis menyerahkan menyerahkan peralatan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) kepada warga di 3 desa di Kecamatan Talang Muandau.

"Kemarin kami sudah menyerahkan peralatan PLTS kepada warga di 3 desa di Talang Muandau. Kami berharap pemasangan PLTS tersebut dilakukan dengan sempurna, sehingga benar-benar fungsional dan dapat dinikmati para penerimanya dengan baik," kata Amril, Selasa, 4 September 2018.

Penyerahan tersebut dilakukan Bupati Amril di kantor Camat Talang Muandau, Desa Beringin, dengan didampingi Supervisor pemasangan PLTS dari Kementerian ESDM, Untung, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, H Heri Indra Putra, Camat Talang Muandau dan Kabag Perekonomian dan Pembangunan, Darmanto.

Ketiga desa yang menerima program Kementerian ESDM itu katanya, adalah Tasik Serai sebanyak 119 KK, Tebing Tasik Serai berjumlah 67 KK dan Koto Pait Beringin  60 KK.

Total keseluruhan KK penerima bantuan PLTS program Kementerian ESDM untuk ketiga itu sebanyak 246 KK.

Kini Sudah 100% Dialiri Listrik
Setelah berbagai upaya dilakukan agar semua desa di daerah ini dialiri listrik, kini desa-desa di kabupaten dengan 11 kecamatan, 136 desa dan 19 kelurahan ini, semuanya atau 100% sudah dialiri listrik.

Untuk itu dan sebagai wujud rasa syukur  100% desa berlistrik se-Kabupaten Bengkalis, PLN ULP (Unit Layanan Pelanggan) Bengkalis, pada Senin, 31 Desember mendatang, akan mengadakan  kegiatan syukuran di kantor Camat Talang Mandau.

Sebagaimana surat PT PLN (persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (UI WRKR) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Dumai No 0081/MNJ01.03/ADUM/2018 yang ditandatangani Manager PLN UP3 Dumai Suharno, saat syukuran tersebut Generasi Manager (GM) PT PLN UI WRKR M Irwansyah Putra bakal hadir.

Sesuai surat tertanggal 26 Desember 2018 itu, saat syukuran tersebut, selain diadakan pemotongan tumpeng, Bupati Amril bersama GM PT PLN UI WRKR M Irwansyah Putra juga akan menandatangani plakat/prasasti.

Pelaksana Tugas Kepala Diskominfotik Johansyah Syafri membenarkan jika Senin terakhir di tahun 2018 ini bakal diadakan syukuran karena 100% desa di Kabupaten Bengkalis sudah dialiri listrik.

“Sesuai pemberitahuan dari Kepala Sub Bagian Protokol Bagian Umum Sekretariat Daerah, memang demikian. Acara tersebut bakal ditaja di kantor Camat Talang Muandau di Desa Beringin. Kami bersama sejumlah pejabat di Pemkab Bengkalis juga diperintahkan Bupati Bengkalis untuk hadir,” jelas Johan di ruang kerjanya, Kamis, 27 Desember 2018. #DISKOMINFOTIK

#Kabupaten Bengkalis

Index

Berita Lainnya

Index
Galeri