Amerika Serikat: Jika Diminta, Kami Siap Bantu Indonesia

Amerika Serikat: Jika Diminta, Kami Siap Bantu Indonesia

WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) turut mengucapkan belasungkawa kepada pemerintah dan masyarakat Indoensia atas bencana tsunami di Selat Sunda. AS menyatakan siap memberikan bantuan, jika memang diminta.

Wakil juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, Robert Palladino menuturkan, berdasarkan informasi yang mereka miliki saat ini, tidak ada warga AS yang menjadi korban dalam bencana tersebut.

"AS menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas korban jiwa serta kerusakan yang ditimbulkan oleh tsunami yang melanda bagian barat Jawa dan bagian selatan Sumatra di Indonesia pada tanggal 22 Desember," kata Paladino, seperti dikutip dari siaran pers Kedutaan Besar AS di Jakarta pada Senin (24/12). 

"Kami terus memonitor situasi dari dekat dan berkomunikasi secara intens dengan pemerintah Indonesia. Segenap pikiran serta doa kami bersama mereka yang tertimpa bencana alam di Indonesia. Sekarang ini, tidak ada warga negara AS yang terkena dampak langsung, namun kami siap memberikan bantuan yang dibutuhkan," sambungnya.

Sebelumnya, pemerintah Jepang menyatakan kesiapan untuk membantu Indonesia dalam menanggulangi tsunami yang melanda Selat Sunda. Kesiapan itu disampaikan Menteri Luar Negeri Jepang, Taro Kono saat melakukan pembicaraan melalui sambungan telepon dengan Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi.

“Kami menyampaikan rasa simpati kepada masyarakat dan pemerintah Republik Indonesia yang terkena dampak tsunami di selat Sunda pada tanggal 22 Desember, serta kesediaan dan itikad kami untuk memberikan dukungan sepenuhnya kepada Indonesia," kata Kono.


Berita Lainnya

Index
Galeri