Getol Berantas Narkoba, Presiden Duterte Ngaku Konsumsi Ganja, Oh Ya?

Getol Berantas Narkoba, Presiden Duterte Ngaku Konsumsi Ganja, Oh Ya?

JAKARTA - Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengakui suka mengisap ganja untuk membuatnya tetap terjaga. Duterte memberikan pengakuan itu dengan nada bercanda setelah mengeluhkan jadwalnya yang padat dalam Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN di Singapura, beberapa waktu lalu.

“(Jadwal yang padat) adalah aktivitas yang membunuhku. Untuk orang seusiaku, aku mengisap ganja meski dalam skala kecil agar tetap terjaga (dan bisa mengikuti semua jadwal tersebut),” tutur Duterte saat melantik Dewan Nasional ASEAN di Istana Malacanang, Senin (3/12/2018), seperti diberitakan Rappler.

Namun, dalam sesi wawancara setelah prosesi itu, Duterte meralat pernyataannya. Ia menegaskan, pernyataan dirinya suka mengisap ganja adalah bercanda. "Ya saya ingin mengguncang anda di tengah-tengah pidato yang membosankan,” tukasnya.

Duterte menyatakan, dirinya menentang obat-obatan narkoba sintetis seperti sabu-sabu. Tapi, ia terbuka terhadap wacana penggunaan ganja guna keperluan medis. “Ya, ganja untuk obat,” tukasnya.

"Itu lelucon, tentu saja itu lelucon," katanya kepada wartawan kemudian. "Tidak ada yang bisa menghentikan saya dari hanya melakukan gaya saya. Sudah terlambat untuk berubah. Jika saya ingin bercanda, saya akan bercanda," katanya dikutip Asia One.

"Jika Anda menganggapnya serius, Anda bodoh," tambahnya. "Kenapa kamu benar-benar percaya aku merokok marijuna?" Senator Aquilino Pimentel III menguatkan pernyataan Presiden. "Presiden baru saja mengatakan kepada saya bahwa dia tidak pernah menyentuh marijuana seumur hidupnya," katanya.

Meski telah meralat pernyataannya, Duterte tetap membuat marah publik negaranya sendiri. Sebab, Duterte sejak dilantik sebagai presiden telah mendeklarasikan perang terhadap pengedar maupun pengguna narkoba yang kontroversial.


Berita Lainnya

Index
Galeri