AMPHIBI Pegang Bukti Video Pencemaran Lingkungan oleh PKS di Lubuk Dalam

AMPHIBI Pegang Bukti Video Pencemaran Lingkungan oleh PKS di Lubuk Dalam

PEKANBARU - Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup dan B3 Indonesia (AMPHIBI) Riau pegang bukti pencemaran lingkungan di Lubuk Dalam, Kabupaten Siak. Bukti pencemaran lingkungan di dalam video itu diduga dilakukan oleh salah satu Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di kawasan itu. 

Ada 2 rekaman video. Video pertama berdurasi 1 menit 48 detik. Sedangkan video kedua berdurasi 3 menit 58 detik. Dalam video itu terlihat jelas aliran limbah mengalir di dalam parit kecil yang seolah disengaja dialirkan ke dalam sungai. 

Ketua DPD AMPHIBI Riau, Nurhadi mengatakan, dengan bukti video tersebut, pihaknya bisa mensomasi perusahaan pemilik PKS tersebut. Ia juga menyebut, warga setempat sudah mengetahui dari PKS mana limbah tersebut berasal. 

“Kami akan menyurati pihak PKS terkait adanya laporan pencemaran salah satu anak sungai di Lubuk Dalam,” tegas Nurhadi, Kamis (29/11/2018).

Kata dia, pihaknya juga akan menggandeng instansi terkait yakni Badan Lingkungan Hidup (BLH) guna menindaklanjuti temuan tersebut. “Tentunya dalam hal ini kita akan bekerjasama dengan instansi terkait,” tegasnya lagi.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, warga di Kecamatan Lubuk Dalam, Kabupaten Siak resah adanya aliran limbah yang sepertinya sengaja dibuang ke salah satu anak sungai Puing di Kecamatan Lubuk Dalam. Limbah ini jika dilihat dari bekasnya, seperti sudah lama terjadi.

Warga menyebutkan, limbah tersebut berasal dari salah satu PKS, perusahaan yang selama ini sudah berada Kecamatan Lubuk Dalam.


Berita Lainnya

Index
Galeri