Loading...
PEKANBARU

Basmi Kemiskinan, Ustaz Abdul Somad Luncurkan Komunitas Riau Bersedekah

PEKANBARU - Ustadz Abdul Somad (UAS) meluncurkan Komunitas Riau Bersedekah pada Sabtu (24/11/2018) subuh di Masjid Nurul Huda, Jalan Ronggo Warsito, Pekanbaru. Pada kesempatan itu, UAS mengajak umat Islam untuk banyak bersedekah agar bisa memutus rantai kemiskinan di Bumi Lancang Kuning ini.

Usai menunaikan sholat Subuh berjamaah, peluncuran Komunitas Riau Bersedekah diselenggarakan dalam tabligh akbar dengan menghadirkan penceramah Ustad Abdul Somad.

Jika biasanya Ustadz Abdul Somad mengisi tabligh akbar dengan ceramah yang berapi-api dengan menyisipkan humor segar, namun dalam peluncuran Komunitas Riau Bersedekah Ustadz Abdul Somad menyampaikan materi melalui presentasi.

Loading...

Dalam presentasinya, Ustadz Abdul Somad menampilkan slide kondisi kemiskinan di Riau, yang menggugahnya untuk turut serta dalam kepengurusan Riau Bersedekah sebagai pembina.

“Masyarakat Riau ini kalau mengkaji ilmu agama sudah khatam. Tafsir, hadis, fiqih sudah banyak dikaji dalam pengajian di masjid-masjid. Sekarang tinggal lagi mengimplementasikan kesalehan beragama dalam hubungan sosial dengan menunjukkan kepedulian kepada sesama,” ungkap Ustaz Abdul Somad.

Oleh sebab itu, dalam acara dihadiri oleh Plt Gubernur Riau, Wan Thamrin Hadir, Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Terpilih, Syamsuar dan Edi Nasution, Ustadz Abdul Somad mengajak umat Islam agar banyak bersedekah kepada kelompok  yang hidup dalam kemiskinan dan tak mendapatkan kesempatan mengecap pendidikan.

“Riau ini minyak di atas, minyak di bawah, tapi banyak orang miskin, susah makan,  mengalami gizi buruk, tak memiliki pakaian yang layak, tak punya tempat tinggal. Bantu saudara kita. Sedekah banyak-banyak, supaya banyak sedekah, banyak pula berkah,” himbaunya.

Masyarakat diajak meningkatkan kepedulian, karena banyak orang yang berlimpah harta, terbiasa menghabiskan uang untuk membeli barang-barang mewah, berpergian ke luar negeri. Tapi di sisi lain, banyak orang miskin tidak terperhatikan.

Menurut Ustadz Abdul Somad, hal itu terjadi bisa jadi karena orang yang berlimpah harta tak tahu bahwa ada orang miskin di sekelilingnya yang harus dibantu, ataupun mereka tahu tapi tak mau tahu.

“Untuk itu lah Komunitas Riau Bersedekah diluncurkan. Agar orang kaya yang tak tahu ada orang miskin yang harus dibantu menjadi tahu. Setelah tahu, jadi mau membantu, bersedekah. Salurkan lewat komunitas ini, karena komunitas ini memiliki data orang miskin dan akan membuat program kerja yang terukur untuk memutus rantai kemiskinan dan kebodohan,” sebut Ustadz Abdul Somad.

Komunitas Riau Bersedekah diketuai oleh dr Diana Tabrani Rab. Dokter yang akrab dipanggil Dian ini berharap, dengan diluncurkannya komunitas Riau Bersedekah, tidak akan ada lagi anak di Riau yang mengalami putus sekolah dan tak ada lagi orang yang susah makan dan tak punya rumah.

“Dari data kami, banyak warga di Riau ini yang betul-betul susah. Di Panam misalnya, ada nenek buta dengan tiga orang cucu tak bersekolah. Kita ingin memutus rantai kemiskinan dan kebodohan dengan program yang terukur, baik program jangka panjang maupun program jangka pendek. Memberi beasiswa kepada anak-anak tak mampu dan memberikan bantuan tepat guna. Kita berharap tak ada lagi kemiskinan dan kebodohan,” harap Dian.

Dian menambahkan, pengelolaan keuangan akan dilakukan dengan profesional, transparan dan akuntabel dengan mengacu pada program yang sudah dibuat. Program jangka panjang Riau Bersedekah adalah berbagi makanan gratis, membantu biaya sekolah anak yatim dan duafa, membantu menyewakan rumah anak yatim dan duafa, membantu anak yatim dan duafa yang putus sekolah untuk ikut ujian persamaan dan program pengobatan gratis.

Sedangkan program jangka panjang adalah memberikan beasiswa penuh hingga tamat kepada anak yatim dan duafa, membuat sekolah gratis untuk anak yatim dan duafa, membuat rumah untuk anak yatim dan duafa dan mengadakan mobil untuk mendistribusikan bantuan makanan untuk duafa.



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video