Warga Keluhkan Limbah PKS di Siak Cemari Anak Sungai

Warga Keluhkan Limbah PKS di Siak Cemari Anak Sungai

SIAK - Warga Kecamatan Lubuk Dalam, Kabupaten Siak resah. Ada aliran limbah yang seperti sengaja dibuang ke salah satu anak sungai Puing di kecamatan itu. Dilihat dari bekas alirannya, kondisi pembuangan limbah ini seperti sudah lama terjadi.

"Tidak hanya sungai, limbah ini juga telah mencemari tanah milik masyarakat. Jika di musim kemarau, limbah ini berbau sangat busuk dan jika di musim hujan, limbah ini tergenang kemana-mana," kata salah seorang warga kepada Wartawan.

Warga ini menyebutkan, limbah tersebut berasal dari salah satu pabrik kelapa sawit (PKS), perusahaan yang selama ini beroperasi di Kecamatan Lubuk Dalam. "Semua orang tahu, apa nama perusahaan yang dimaksud ini. Yang kita minta, aparatur daerah menyikapi keberadaan limbah ini," kata dia. 

"Sebab jika dibiarkan, dia tidak hanya mencemari air permukaan namun juga mencemari air dibawah permukaan tanah," sambungnya.

Temuan di lapangan, limbah cair itu terus mengalir di dalam parit kecil, mengarah ke sungai. Dampaknya, ikan di sungai tersebut mati. "Sebagian warga disini, masih menggantungkan hidupnya dari nelayan. Jika, ikan yang sehari-hari mereka tangkap juga mati, kami makan apa," sebutnya.


Berita Lainnya

Index
Galeri